Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Irdam lX/Udayana: Wajib Hukumnya TNI Membantu dan Mendukung Program Pemerintah Daerah

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20230829 WA0133
Irdam IX Udayana didampingi Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deny Wahyu Setiawan saat berdiskusi dengan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, Photo dok: Flobamora-news

Nagekeo, Flobamoranews.com-– Inspektur Kodam (Irdam) IX Udayana, Brigjen TNI Tatan Ardianto, S. IP, menegaskan bahwa kehadiran TNI sebagai mitra Pemerintah wajib hukumnya harus bisa mendukung segala progam dan kebijakan Pemerintah Daerah.

Hal itu sebagai implementasi pelaksanaan tugas kewilayahan bagi TNI sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Tugas TNI di wilayah dalam pelaksanaan OMSP adalah untuk membantu Pemerintah Daerah setempat di segala bidang, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Terkait dengan pembangunan wilayah, pada prinsipnya kehadiran TNI di wilayah itu untuk membantu Pemerintah daerah” ujar Brigjend Tatan saat melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

IMG 20230829 WA0129
Irdam IX/Udayana didampingi Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deny Wahyu Setiawan saat berada di lokasi tanah Transad, Desa Tonggorambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT, Photo dok: Flobamoranews

Pada kunjungan tersebut, rombongan Irdam berkesempatan meninjau tanah Trans Angkatan Darat (Transad) di Desa Tonggorambang, Kecamatan Aesesa serta lokasi Bandara Surabaya ll didampingi Asisten l Setda Nagekeo Imanuel Ndun dan Kepala Bapelitbangda Kabupaten Nagekeo Kasmir Dhoy.

Peninjauan lokasi tersebut, kata Brigjend Tatan, dalam rangka menjalankan perintah Pangdam lX Udayana terkait dengan aset-aset milik TNI angkatan darat yang ada di Kodam lX di wilayah Kodim 1625/Ngada yang mana TNI memiliki aset tanah yang sudah ditempati anggota.

Kunjungan tersebut guna memastikan aset tanah milik TNI angkatan darat yang ada di wilayah Desa Tonggorambang kondisinya masih aman sesuai dengan fakta ril di lapangan, sehingga tidak dikuasai oleh pihak lain.

IMG 20230829 WA0150
Peninjauan landasan pacu bandara Surabaya ll

Kehadiran TNI kata Brigjend Tatan, seyogyanya membantu pemerintah daerah, dengan demikian, wajib hukumnya TNI untuk mendukung segala program dan kebijakan Pemerintah daerah setempat, salah satunya pembangunan Bandara Surabaya ll yang sudah diwacanakan Pemerintah Kabupaten Nagekeo.

Pantauan Flobamoranews, usai meninjau lokasi Irdam IX/Udayana uang didamping Dandim 1625/Ngada bersama anggotanya, berkesempatan bersilaturahmi ke Rujab Bupati Nagekeo dan beraudiens dengan Bupati Johanes Don Bosco Do.

Bupati Don Bosco menyambut baik silaturahmi Kodam lX Udayana bersama rombongan. Ia mengatakan bahwa kunjungan tersebut guna memastikan, lahan milik TNI masih dalam kondisi aman, termasuk pasca TNI menghibahkan Tanah untuk pembangunan Bandara

“Kami dari Pemerintah Daerah menyambut baik, terima kasih atas kunjungan ini, semoga apa yang dilihat hari ini sesuai seperti yang dilaporkan” ungkap Don Bosco. (***)