Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

PT BUS Rekrut CPMI Legal Untuk ART di Malaysia, Gaji Rp. 6 Juta Per Bulan!

Avatar photo
1720093297413
Agency PT BUS Malaysia saat bersilaturahmi bersama Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo, Photo dok: Flobamoranews.com

Nagekeo, Flobamoranews.com— PT Bhakti Unggul Sejahtera (BUS) salah satu perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia di Malaysia saat ini sudah hadir di Kabupaten Nagekeo membuka lowongan rekrutmen Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI ) secara legal.

Koordinator Wilayah (Korwil) PT BUS di Kabupaten Nagekeo Rosalyna Maria Tey menjelaskan, CPMI yang direkrut hanya tenaga kerja wanita yang nantinya akan ditempatkan di Malaysia dan Singapura sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) dengan gaji Rp. 6.000.000, 00 per bulan. Perusahaan menjamin seutuhnya keselamatan tenaga kerja sejak diberangkatkan ke Luar Negeri hingga kontrak berakhir.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bagi CPMI yang berminat untuk bekerja di luar Negeri secara Legal, PT BUS siap memfasilitasi proses keberangkatan secara gratis dengan mekanisme dan proses serta seleksi ketat mulai dari tingkat Desa/Kelurahan.

“Persyaratannya itu pertama Kartu Keluarga (KK) asli, KTP asli, Akta kelahiran, surat izin orang tua di atas materai, semua biaya ditanggung perusahaan” jelas Ross saat diwawancarai Flobamora di sela acara silaturahmi PT BUS bersama Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Nagekeo, Selasa (2/7).

Perusahaan kata Ross sebelum merekrut CPMI harus mengantongi rekomendasi Kepala Desa setempat. Selanjutnya CPMI akan menjalankan tes kesehatan (Medical) sebelum mengikuti pelatihan selama kurang lebih 3 bulan oleh tutor terkait kemampuan CPMI dalam menjalankan rutinitas sebagai Asisten Rumah Tangga.

“Sebelum kita berangkatkan CPMI, Dinas Transnaker terlebih dahulu melakukan interview terhadap yang bersangkutan di hadapan orang tuanya untuk mendapatkan rekomendasi dari Dinas” paparnya.

Adapun pelatihan yang diikuti oleh calon tenaga kerja sebelum dikirim ke Malaysia yaitu seputaran pekerjaan asisten rumah tangga seperti menyapu, membersihkan rumah, jaga bayi serta jaga lansia. Selain rutinitas tersebut, CPMI juga dibekali pengetahuan bahasa Melayu, minimal mampu berkomunikasi dengan majikan.

“Tutor yang akan melatih mereka ini bukan orang Perusahaan, CPMI akan dilatih oleh tutor dari kalangan profesional sehingga kemampuannya benar-benar teruji. Kita mau kirim tenaga kerja yang benar-benar mampu sesuai dengan bidang keahliannya” jelas Ross.

Agency PT BUS Malaysia Jamin Keamanan

Guna menjamin kenyamanan serta keamanan pekerja pihak Agency PT BUS yang berada di Kuala Lumpur akan melakukan pengawasan secara rutin sejak pertama kali tenaga kerja diantar ke majikan sampai pada berakhirnya kontrak kerja.

Ike selaku Staf di Agency PT BUS di Malaysia menjelaskan bahwa pihaknya akan secara berkala melakukan kunjungan mengecek kondisi dan kabar terkini dari pekerja minimal enam bulan sekali.

“Selalu kami cek keadaan pekerja di mana, kondisi kesehatannya, hubungan dengan majikan seperti apa sampai kita juga memastikan pekerja untuk mengirim uang ke keluarga” jelas Dia.IMG 20240702 WA0079

Ike menerangkan, sejak pertama tiba di Kuala Lumpur, pekerja akan ditempatkan di training Cantre milik agen selama kurang lebih tiga hari sebelum diantar ke majikan. “Selama kurang lebih tiga hari itu kita akan medical lagi, kita mau pastikan dia orang sehat atau tidak, pastikan etitidunya dan diberi pengarahan bagaimana ketika berada di rumah majikan” katanya.

Perusahaan juga menjamin keamanan dan kenyamanan PMI selama bekerja. Itu karena sebelum kontrak disepakati antara PT BUS bersama majikan, ada poin kesepakatan yang menyatakan bahwa pekerja tidak boleh disakiti baik mental maupun fisik. “Kalau misalnya ada PMI yang merusak bawang majikan, majikan boleh marah tapi tak boleh sentuh, ini sudah dijamin dalam kesepakatan” tandasnya.

Lebih lanjut Ike menyatakan, perihal gaji PMI, perusahaan menjamin bahwa gaji diterima tepat waktu. Sebab, sebelum dilakukan penandatanganan kontrak, Agency Malaysia terlebih dahulu mengecek secara detail latar belakang majikan termasuk penghasilan. “Kita pastikan dulu majikan punya pendapatan, apakah dia mampu bayar gaji PMI atau tidak, so gaji 6 juta per bulan ini sesuai dengan aturan yang ada di Negara Malaysia” ungkapnya.