Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gempabumi M6,1Tidak Berpotensi Tsunami Terjadi di Kabupaten Kupang

Avatar photo
Reporter : Lia Editor: Redaksi
IMG 20230831 WA0063

KUPANG, Flobamora-news.com – Gempabumi Magnitudo (M) 6,1 terjadi di wilayah Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 80 KM.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pada Kamis 31 Agustus 2023 tepat pukul 17.29.30.  WIB.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,70° LS ; 124,05° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 37 km Timur Laut Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 80 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi di dalam lempeng (intra-slab). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault ).

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan BMKG. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab BMKG.