Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Makna Hamata para Tamu Undangan ETMC 2019

Avatar photo
20190626 192715

Hamata adalah cara yang dilakukan oleh masyarakat adat Suku Tetum untuk mengundang para tamu kehormatan secara lisan guna hadir pada sebuah acara. Biasanya, si pengundang, seorang pria dan seorang wanita yang datang dengan menggunakan busana adat dan membawa sirih-pinang atau selendang untuk diberikan kepada para tamu sebagai tanda penghormatan kepada si tamu undangan. Orang yang diundang pun akan menyambut kedatangan para pengundang dengan memberikan kembali sirih-pinang.

Kebiasaan hamata ini perlahan mulai pudar dimakan modernisasi. Akan tetapi, hamata masih dapat kita temui pada acara-acara adat, seperti pembuatan rumah adat, acara masuk minta, dan lain sebagainya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Undangan secara adat-istiadat masyarakat Suku Tetum ini pun menjadi ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini mendapat apresiasi, baik dari para tamu yang diundang maupun dari masyarakat pada umumnya.

Baca Juga :  Ini Juara Lomba Catur Antar Pegawai Korpri Tingkat Kabupaten Belu 2019

Dengan cara ini pula, banyak para tamu undangan yang memastikan diri untuk hadir pada acara pembukaan ETMC 2019 di Kabupaten Malaka. Dengan hamata ini juga membuat banyak masyarakat NTT yang membahas ETMC 2019.