Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BPBD Nagekeo Imbau Warga Antisipasi Potensi Bencana Akibat Perubahan Iklim

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20240313 213423
Kepala BPBD Kabupaten Nagekeo, Agustinus Pone, SH, Photo: Antara
Nagekeo, Flobamoranews.com– Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagekeo, NTT, mengimbau masyarakat agar waspada dengan perubahan iklim yang tidak menentu selama sepekan ini. Himbauan ini sebagaimana menindaklanjuti surat edaran stasiun BMKG kelas lll Kupang pada 12 Maret 2024 kemarin terkait antisipasi bencana.

Kepala BPBD Agustinus Pone menuturkan, kondisi cuaca yang tidak menentu saat musim hujan berpotensi terjadi bencana longsor, banjir, banjir rob hingga jalan amblas. BPBD Nagekeo saat ini sudah melaksanakan koordinasi lintas sektor dalam menghadapi potensi bencana yang mungkin akan terjadi di wilayah Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga :  BWS NT II Bangun 42 Embung Serbaguna di NTT

Adapun wilayah yang berpotensi terjadinya bencana kata Agustinus meliputi beberapa titik di Kecamatan Mauponggo dan Nangaroro, Keotengah dan Wolowae seperti Kotekaeo, Ladolima, Selalejo hingga Tendakinde yang mana kerap dilanda bencana.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Himbauan kepada masyarakat di wilayah itu untuk bisa mengenali situasi ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, jarak pandang terbatas maka diharapkan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman” ungkap Agustinus di ruang kerjanya Rabu (13/04/2024).

Pria yang biasa disapa Gusti Pone ini mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah potensi bencana seperti longsor dan banjir.

Baca Juga :  Bupati Don: Pemimpin Harus Jadi Penunjuk Jalan, Jangan Ingat Diri

Lebih lanjut Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nagekeo terkait anomali perubahan cuaca dalam jangka waktu panjang yaitu potensi terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah. (***)