Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Don: Pemimpin Harus Jadi Penunjuk Jalan, Jangan Ingat Diri

Avatar photo

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do (Tengah) saat membuka kegiatan MGMP tingkat SMP, Photo dok: Flobamoranews.

Nagekeo, Flobamoranews– Bupati Nagekeo, NTT, Johanes Don Bosco Do menyebut menjadi seorang pemimpin itu sejatinya harus bisa menjadi kompas atau penunjuk arah. Dan yang paling penting tidak boleh ingat diri, harus bisa punya rasa empati terhadap yang dipimpinnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Demikian disampaikan Bupati yang akrab disapa Dokter Don ini saat membuka kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat SMP se Kabupaten Nagekeo di aula Pondok SVD, Kelurahan Danga, Kecamatan Aesesa, Kamis 3 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti seluruh guru mata pelajaran jenjang SMP se Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga :  Upacara HUT RI ke-78 Tingkat Kabupaten Nagekeo Menggunakan Protokol Kenegaraan

“Berbicara tentang pemimpin itu ada yang dipimpin. Pemimpin itu harus jadi petunjuk jalan, menunjukkan arah, kalau pemimpin sudah salah arah nanti yang dipimpin bingung. Pemimpin itu jangan ingat diri” pesan Don Bosco di hadapan ratusan guru dan kepala sekolah.

Bagi Don Bosco, guru di sekolah adalah pemimpin bagi siswa yang ia didik. Kemudiaan Kepala sekolah selain sebagai pemimpin juga bertanggung jawab sebagai seorang manajer yang mampu memanajemen tata kelola lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Guru dituntut untuk lebih kreatif mencari referensi dari berbagai sumber, sehingga tidak hanya ilmu pengetahuan saja yang diajarkan ke siswa akan tetapi juga soal keterampilan serta minat dan bakat.