Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Bupati Don: Pemimpin Harus Jadi Penunjuk Jalan, Jangan Ingat Diri

Avatar photo
1691060494273

“Kita kerja dengan rakyat dan orang tua menuntut. Apabila ada tantangan tidak boleh putus asa harus ada jalan. Kita harus memiliki terus mencari tahu pengetahuan dan keterampilan baru” sarannya.

Pengagum Sejarahwan Yahudi, Yuval Noah Harari ini menganalogikan seorang pemimpin yang sejatinya harus menghadapi segala tantangan itu diibaratkan seperti Nabi Musa kala memimpin Bani Israil kembali dari di Mesir. Usai lolos dari kejaran tentara Fir’aun dan melewati laut Merah, bangsa Israel harus menderita kelaparan di Padang Gurun. Meski menemui rintangan Musa yang dibangun oleh Harun berhasil membawa bangsa Israel kembali ke tanah perjanjian setelah 400 tahun menjadi budak Mesir.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Hadangan kedua Musa itu di Padang Gurun menderita kelaparan. Begitupun juga dengan guru dan Kepala Sekolah kita tidak tahu persis apa yang terjadi ke depan” katanya.

Kerjasama Musa dan Harun ini idealnya dijadikan inspirasi bagi Kepala Sekolah dan guru. Guru harus bisa meyakinkan Kepala Sekolah, begitupun juga sebaliknya, Kepala Sekolah sebagai manajer harus mampu mengkoordinasikan para guru.

Bagi guru SMP, hal paling penting yang harus diingat dan diimplementasikan di sekolah adalah mampu memetakan minat dan bakat siswa sejak kelas 7 dan kelas 8. Siswa diprfeling sesuai dengan bakat passionnya, sehingga ketika sudah di kelas 9, guru sudah bisa arahkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke SMA umum atau ke sekolah vokasi (SMK).