Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gelar Musrembang, Pemdes Odaute Perkuat Ketahanan Pangan Sektor Perkebunan

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20231027 WA0042
Musrembangdes Desa Odaute, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, NTT, Photo dok: Flobamora-news

Nangaroro, Flobamoranews.com— Pemerintah Desa Odaute, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, NTT, menggelar musyawarah rencana pembangunan desa (Musrembangdes) tahun 2024/2025 di balai desa Odaute, Rabu 27 Oktober 2023

Hadir dalam kegiatan Musrembangdes ini Sekretaris Camat Nangaroro Quido Benyamin Ngaji, Kepala Desa Oda Ute Ignasius Dita, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa Desa Oda Ute, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda tokoh serta sebagian masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Desa Oda Ute Ignasius Dita menyampaikan bahwa untuk rencana pembangunan dari anggaran DD Desa dan penetapan RKP tahun 2024/2025 yang ditetapkan dalam Musrenbang ini diprioritaskan untuk Bidang Ketahanan Pangan.

Baca Juga :  Di Nagekeo, Anak Muda Usia 18 Tahun Wajib Miliki Kartu Keluarga Sendiri
IMG 20231027 WA0039
Kepala Desa Odaute Ignasius Dita saat menandatangani berita acara Musrembangdes, Photo dok: Flobamora-news

Dijelaskan, Musrenbangdes hari ini telah menampung aspirasi masyarakat Oda Ute secara keseluruhan, usulan-usulan dari warga yang di usulkan melalui masing-masing Kepala Dusun sebagaimana hasil penggalian gagasan di tingkat Dusun.

“Program yan paling banyak diusulkan hari ini adalah soal pembangunan tempat posyandu, ketahanan Pangan (Pembibitan Anakan pala dan Cengkeh) serta ketersediaan sarana Air Bersih” jelas Ignasius.

Ignas mengatakan, kebijakan program yang diprioritaskan Pemerintah Desa Odaute adakah soal ketahanan pangan masyarakat. Terkait dengan ketahanan pangan ini, pihaknya fokus terhadap sektor perkebunan yang mana rencana alokasi anggaran DD tahun 2024 nanti akan diprioritaskan untuk belanja bibit anakan pala dan Cengkeh.

Baca Juga :  Angka Stunting di Nagekeo Meningkat

“99,9 % warga saya adalah petani, saya coba memperkuat di sektor pertanian tanaman umur panjang, makanya program prioritas saya untuk ketahanan pangan itu fokus di pembibitan, ini hasilnya 6 tahun berikutnya” jelas Dia.

Sementara itu terkait usulan sarana air minum,  masyarakat berharap agar Pemerintah baik itu melalui Dana Desa maupun alokasi APBD Kabupaten Nagekeo untuk bisa menyediakan instalasi sambungan rumah. “Untuk air Air minum kami butuh sambungan rumah (SR) dan tambahan Perpipaan” pungkasnya. (***)