Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Rohani  

Hewan Pun Layak Diberkati

Avatar photo
20191107 165737
Foto bareng usai Per Blessing

“Kita diundang untuk bersaudara dengan hewan yang kita pelihara dan perhatikan. Jika kita memmbangun relasi yang baik dan penuh cinta maka kita yakin Tuhan berkenan dan melihat semuanya sungguh baik,” kata Romo Yohanes Subagyo.

Santo Fransiskus dari Asisi adalah orang kudus dalam Gereja Katolik yang sangat dikenal bersahabat dengan alam dan segala ciptaan. Di bulan Oktober ada hari khusus untuk satwa, Hari Satwa Sedunia, yang ditetapkan pada hari peringatan orang kudus itu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Selesai khotbah, Romo Yohanes Subagyo lalu mempersiapkan diri untuk pemberkatan. Dia berdoa dan membuat tanda salib di atas bejana berisi air yang akan dipakai untuk memberkati. Kemudian dia mulai memberkati hewan-hewan. Mereka yang hadir membawa hewan peliharaannya lalu berbaris. Satu per satu diciprati air berkat oleh Romo Yohanes Subagyo. Para penyayang binatang sangat bersemangat dan raut mukanya memancarkan kebahagiaan ketika mengikuti peribadatan itu.

Baca Juga :  Ziarah Rohani KMK Fapet Undana ke Gua Ine Maria Ku'Esa

Pendiri Koplink, Irene Lee, berharap kegiatan ini dapat menularkan kepedulian kepada lingkungan hidup dan segala makhluk ciptaan. Selain ibadat pemberkatan hewan, warga yang aktif di Paroki Santa Theresia Menteng Jakarta ini menuturkan bahwa Koplink juga menaruh perhatian dengan isu-isu lain terkait lingkungan.