Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Sakit Maag

Avatar photo
20190927 025724

Untuk asam lambung ringan atau sedang, beberapa obat bebas seperti antasid dan inhibitor pompa proton-PPI. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum enggunakan obat bebas.

Pengobatan rumahan berikut ini dapat membantu mengurangi asam lambung:

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

1. Minum sirup lidah buaya

Sebuah studi dari 2015 menemukan bahwa minum sirup lidah buaya menurunkan gejala GERD di 79 responden. Cobalah mencampur sirup lidah buaya dengan air atau jus untuk mengurangi peradangan dan asam lambung.

2. Mengonsumsi makanan yang kaya enzim

Baca Juga :  Polri Siap Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Konsumsilah makanan seperti pepaya dan nanas, yang kaya enzim pencernaan atau mengonsumsi suplemen enzim pencernaan sebelum makan dapat mengurangi asam lambung.

Risiko Minum Air Lemon

Air lemon biasanya aman diminum. Namun, ada beberapa kemungkinan menimbulkan efek samping seperti berikut ini:

1. Merusak enamel gigi

Air lemon dapat merusak gigi dan enamel. Minum melalui sedotan adalah cara terbaik untuk mencegah kerusakan gigi, dan bilas mulut setelah minum air lemon.

2. Memperburuk asam lambung

Meski lemon bermanfaat untuk lambung, namun bagi sebagian orang, air lemon dapat menyebabkan asam lambung atau GERD memburuk. Jadi, selalu perhatikan gejala tubuh dan hentikan penggunaan obat rumahan jika itu membuat gejala menjadi lebih buruk.

Baca Juga :  Fenomena Pergerakan Tanah di Bandung Barat, Pemerintah Akan Merelokasi Rumah Warga

Sekilas Tentang Penelitian Lemon untuk Maag

Ada bukti bahwa diet kaya asam askorbat, seperti jus lemon, sebenarnya membantu melindungi perut dari kanker tertentu dan kerusakan lainnya. Temuan ini terutama berlaku untuk orang dengan ulkus peptikum.

Jika maag atau asam lambung Anda disebabkan oleh asam lambung rendah, air lemon untuk asam lambung mungkin bermanfaat bagi Anda karena efek alkalizing yang potensial.

Cara Mengonsumsi Lemon untuk Maag

Meskipun air lemon sangat asam, jika sedikit dicampur dengan air ternyata manfaat jeruk lemon untuk sakit maag dapat memiliki efek alkali jika dicerna. Ini bisa membantu menetralisir asam di perut.

Baca Juga :  Polisi dan Jasa Raharja Bidik Kaum Millennial Jadi Pelopor Keselamatan

1. Campur lemon dengan air