Problem Kemiskinan di Indonesia dan NTT

FlobamoraNews

BELU, Flobamora-news.com –Kemiskinan merupakan masalah dinamis yang terus menggerogoti masyarakat. Berbagai persoalan kompleks muncul akibat kemiskinan meskipun berbagai upaya telah dilakukan. Salah satu Propinsi di Indonesia yang memiliki masalah kemiskinan terbesar ketiga dari Papua di Indonesia adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beberapa aspek signifikan penyumbang kemiskinan di Propinsi ini adalah pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk yang lulus SMP dan angka harapan hidup. Kemiskinan masih menjadi masalah terbesar di dunia hingga awal milenium.

Menurut data, sekitar seperenam populasi penduduk atau sekitar satu miliar orang hidup dalam kemiskinan. Mereka berjuang untuk bertahan hidup. Mereka mengalami masalah seperti; kekurangan gizi, kesehatan, air dan sanitasi, tempat tinggal dan kebutuhan dasar lainnya untuk mempertahankan hidup.

Baca Juga :  Dilematika Seleksi Perangkat Desa Serentak Kabupaten TTS

Pada mulanya, kemiskinan lahir dari sebuah asumsi pengangguran kemudian kekerasan dan kejahatan (crime). Martin Luther King (1960) mengingatkan, “you are as strong as the weakestof the people” atau “Kita tidak akan menjadi bangsa yang besar kalau mayoritas masyarakatnya masih miskin dan lemah”. Maka, untuk menjadi bangsa yang besar, mayoritas masyarakatnya tidak boleh hidup dalam kemiskinan dan lemah.

Sesungguhnya kemiskinan bukanlah persoalan baru di negeri ini. Sekitar seabad sebelum kemerdekaan, Pemerintah Kolonial Belanda mulai resah atas kemiskinan yang terjadi di Indonesia (Pulau Jawa). Pada saat itu indikator kemiskinan hanya dilihat dari pertambahan penduduk yang pesat (Soejadmoko, 1980). Kini di Indonesia jerat kemiskinan itu makin akut.

Baca Juga :  Pengenalan Lingkungan Sekolah Pada Peserta Didik Baru

Pertanyaannya seberapa parah sesungguhnya kemiskinan di Indonesia? Jawabannya mungkin sangat parah. Sebab, kemiskinan yang terjadi saat ini bersifat jadi sangat multidimensional. Hal tersebut bisa kita buktikan dan dicarikan jejaknya dari banyaknya kasus yang terjadi di seluruh pelosok negeri ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi