Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

UPTD Puskesmas Nangaroro Populerkan Program Germas Melalui Aneka Kegiatan

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20240317 112924
Kepala UPTD Puskesmas Nangaroro dr. Maria Fransiska Ndoy

Germas merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam menangani beban penyakit dengan mencanangkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Inpres tersebut bertujuan untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan UPTD Puskesmas Nangaroro adalah mengaktifkan kegiatan Posyandu interograsi layanan primer (ILP) yang mana kegiatan pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kita menjalankan posyandu ini sesuai dengan siklus kehidupan, ada posyandu bayi dan balita, ada posyandu lansia. Sekarang sudah terintegrasi mulai dari ibu hamil bayi dan balita kemudian remaja, dewasa sampai dengan lansia, itu semua dilaksanakan dalam satu hari” jelas Dia.

Baca Juga :  Meneropong Lebih Dekat Model Pengukuran Kemiskinan, Permasalahan, dan Alternatif Kebijakan

Program kegiatan UPTD Puskesmas Nangaroro dalam mendukung Germas berikutnya adalah edukasi gizi seimbang serta penyebaran informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui berbagai platform media dalam bentuk leaflet. “Seperti di musim hujan seperti saat ini kami sudah melakukan pengumuman keliling” bebernya.

Terkendala Pola Pikir Masyarakat