Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Yayasan Insan Mbay Mandiri Gandeng Anggota Komisi Xl DPR RI Gelar Diskusi Publik Terkait Digitalisasi UMKM

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Dedy
WhatsApp Image 2023 08 25 at 10.08.59
Anggota Komisi Xl DPR RI Ahmad Yohan dalam diskusi publik terkait peran desa dalam mendorong digitalisasi UMKM di Kabupaten Nagekeo, Kamis (24/08/2023), photo dok: Flobamora-news

Nagekeo, Flobamoranews.com Yayasan Insan Mbay Mandiri gandeng Anggota Komisi Xl DPR RI Ahmad Yohan menyelenggarakan diskusi publik terkait digitalisasi UMKM di aula Hotel Sinar Kasih Mbay pada Kamis 24 Agustus 2023.

Kegiatan yang mengangkat tema optimalisasi peran desa dalam mendorong digitalisasi UMKM ini dihadiri oleh para pelaku UMKM, para Kepala Desa dan masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Diskusi tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Asisten lll Setda Nagekeo Agus Fernandez, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Nagekeo Maria Kristildis Simporosa Djawaria, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nagekeo Andreas Ndona Corsinni, Akademisi dari STPM Ende Helenerius Ajo Leda, S.Sos, M. IP, dan tokoh agama.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN Unflor Ende, Mengajak Masyarakat Perangi Sampah

Ahmad Yohan menjelaskan bahwa, kehadiran Pemerintah sejatinya mendorong peningkatan pemberdayaan UMKM masyarakat melalui alokasi anggaran baik yang bersumber dari APBN maupun APBD. Namun, hal yang tidak bisa dipungkiri, geliat UMKM di Nusa Tenggara Timur pada umumnya, masih jauh tertinggal dengan daerah lain.

Menurut Ahmad Yohan, adapun hal yang menjadi tantangan terbesar kita adalah kecenderungan pola konsumtif yang lebih dominan daripada peningkatan produktivitas. Soal kualitas produk yang dihasilkan misalnya, masih belum mampu menarik minat konsumen, baik dari sisi kualitas produk maupun kemasan dan lain sebagainya. “Soal harga ini kan ditentukan oleh penjual dan pembeli, yang menentukan harga adalah kualitas produk, jadi bagaimana kita meningkatkan kualitas itu” katanya.