Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Berkomitmen Bangun Desa Wekeke, Ini Visi Misi dan Program Kerja Heribertus Ferdi Metak

Editor: Redaksi
IMG 20220519 WA0000

VISI :

“Bersama Membangun Desa Melalui Tata Kelola Perintahan Yang Bersi, Transparan, Akuntabel dan Parisipatf Menuju Desa Yang Maju, Mandiri, Adil dan Berbudaya”

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

MISI :

Mewujudkan tata kelola pemerintahan Desa yang Lebih Baik;

Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa dan daya saing desa;

Mewujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana, tegas dan berwibawa;

Mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan desa Wekeke;

Meningkatkan kesehatan, kebersihan desa serta mengusahakan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui program pemerintah.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa;

Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan di desa.

Baca Juga :  PAN NTT Optimis Semua Caleg Siap Bertarung

Meningkatkan kehidupan sosial yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya berlandaskan keimanan dan ketakwaan serta Hakneter Haktaek di Desa Wekeke;

Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.

Memelihara keseimbangan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya alam untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

PROGRAM KERJA

BIDANG PEMERINTAHAN

Pemerintahan desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, dimana berbagai permasalahan dimulai dari desa. Untuk itu pemerintahan desa harus solid, akuntabel, profesional, Berintegritas tinggi serta ramah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Untuk mencapai hal  tersebut diatas dan menciptakan pemeritahan yang baik (Good Government) perlu dilakukan beberapa hal ;

Baca Juga :  Jokowi Saksikan Pelantikan Anggota MPR/DPR/DPD RI Periode 2019-2024

Pembenahan Aparatur Pemerintah Desa

Aparatur pemerintah Desa Wekeke perlu dibenahi dan dibina agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing, sehingga tidak tejadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan aparatur desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Peningkatan Pelayanan Publik

Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda-bedakan status dalam masyarakat, sepanjang pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat dan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Gerindra Prioritaskan Kader Sendiri di Pilkada Nagekeo, Sinyalemen Don-Marianus Pecah Kongsi?

Transparansi Keuangan

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Kepala Desa dan aparaturnya, masalah keuangan harus transparan (terbuka). Transparansi keuangan yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang didapat dengan pengalokasianya minimal satu kali dalam setahun dan membuat laporan kepada BPD dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui RT.

Sinergisitas dengan BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masala-masalah yang strategis terhadap pembangunan didesa. Selan itu BPD juga dapat diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinnya.

BIDANG PEMBANGUNAN

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan TEAM. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab TEAM.