Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Berkomitmen Bangun Desa Wekeke, Ini Visi Misi dan Program Kerja Heribertus Ferdi Metak

Avatar photo
Editor: Redaksi
IMG 20220519 WA0000

Pembangunan pada hakekatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik menjadi baik, dari yang tidak manfaat menjadi manfaat dan dari rusak menjadi bagus. Pembagunan ada dua macan yaitu pembangunan mental atau Akhlak dan penbangunan Fisik.

Bidang Pembangunan Akhlak

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadi manusia yang Beriman dan berbudi pekerti Baik serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dalam menghadapi tantangan hidup. Sarananya adalah diskusi-diskusi keagamaan, pembinaan Iman dan lain sebagainya. Hal ini perlu mendapat perhatian serius terutama generasi muda untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin berat.

Bidang Pembangunan Fisik

1) Pembanguan Sarana Transportasi

Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan pengaspalan/Betonisasi jalan dan pembangunan gang agar transportasi hasil pertanian, home industry lancar dan menekan biaya angkut.

2) Pembangunan Sarana Kesehatan antara lain   Posyandu

3) Pembangunan Sarana Keamanan antara lain Pengadaan POSKAMLING di setiap dusun.

4) Pembangunan Sarana Pendidikan diarahkan kepada pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal antara lain TK, SD/MI, SLTP, SLTA . Sedangkan pendidikan non formal diantaranya Kelompok Bermain, TPA, DTA.

5). Pembangunan Taman Rekreasi Desa.

6) Pembangunan Sarana Olahraga, antara lain lapangan Bola, lapangan volley, pembuatan Tempat Fitness.

7). Pebanguan Sarana Seni dan Budaya

Bidang seni : Pengadaan alat – alat seni tradisional seperti gong, Likurai, Giring-giring dll.

Bidang Pertanian dan Peternakan

Sebagian besar penduduk Wekeke adalah hidup dari pertanian. Untuk itu wajar apabila pertanian mendapat perhatian serius. Selain pertanian, Wekeke berpotensi dibidang peternakan dan Yang perlu ditingkatkan pada bidang ini antara lain:

1) Penyuluhan kepada para petani/peternak

2) Pengaturan air untuk pertanian dan Ternak.

3) Membentuk/mengoptimalkaan kelompok Tani dan gapoktan.

Bidang Indrustri Kecil dan Kerajinan

Indrustri kecil dan kerajinan berpotensi untuk bisa meningkatkan perekonomian. Hal ini perlu dibina dan dikembangkan untuk lebih maju lagi, salah satunya dengan membentuk kelompok pengrajin/pengusaha yang dikelola secara profesional serta mengupayakan bantuan dana dari dinas/UPT terkait.

BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Bidang sosial dan kemasyarakatan meliputi :

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa : Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) adalah lembaga kemasyarakatan yang bertujuan menggerakan dan mengembangkan partisipasi, gotong royong dan fungsinya.

Pembinaan Kinerja RT dan RW : Rukun Tetangga (RT) merupakan pemimpin yang paling bawah dan paling dekat dengan masyarakat. Permasalahan-permasalahan muncul dilingkungan masyarakat sehingga keberadaan RT,dan RW. Perlu dibina dalam menyelesaikan masalah dilingkunganya.

Pembinaan Generasi Muda : Pembinaan generasi muda sangat penting karena generasi muda adalah pemilik negara dimasa yang akan datang. Oleh karena itu yang sangat penting menbina akhlak melalui diskusi diskusi sosial, ceramah agama, diskusi keagamaan melalui wadah Karang Taruna dan yang sejenisnya. Selain akhlak generasi muda harus kuat fisiknya yaitu melalui pembinaan olah raga, melalui wadah Karang Taruna, Club-club olah raga, yang semuanya untuk mendukung dan berperan dalam memajukan desa Wekeke.

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan TEAM. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab TEAM.