Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ganef Wurgiyanto: Tahun Ini NTT Ekspor 25 Ton Rumput Laut ke Argentina

Avatar photo
20190530 002627

Ia menambahkan, pihaknya telah berupaya memperkuat produksi rumput laut pada titik-titik usaha masyarakat dengan menyiapkan bantuan hibah berupa bibit maupun peralatan produksi.

“Kami sudah mendata basis-basis produksi rumput laut masyarakat, selain itu kami juga dorong untuk memasukkan proposal agar mendapatkan hibah dengan jumlah sesuai kemampuan produksinya,” tandasnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ekspor Berkelanjutan

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengaku optimistis ekspor rumput laut perdana ke Argentina, akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Gubernur NTT: Kenapa Pemerintah Mendukung Tambak Garam

“Ekspor rumput laut ini akan berkelanjutan, saya tidak cemas bahan baku akan tersedia karena orang Nusa Tenggara Timur itu kerja rumput laut sudah hal biasa, sudah jadi budaya,” katanya saat acara Pelepasan Ekspor Perdana Rumput Laut PT Rote Karaginan Nusantara ke Argentina di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa (28/5/2019).

Ia meminta dukungan dari berbagai instansi terkait agar kegiatan ekspor langsung ini terus dijaga secara berkelanjutan.

Menurutnya, dibandingkan dengan upaya pemerintahannya untuk merealisasikan ekspor tanaman kelor, komoditi rumput laut masih lebih mudah dilakukan.

Baca Juga :  Dibalik Kunjungan Politisi Nasdem Fredirikus Seran di Kebun Semangka 

“Asal pemerintah bantu tali, bantu beni, ini cepat karena masyarakat sudah punya kebiasaan untuk mengerjakan rumput laut,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi juga akan menjaga harga komoditi rumput laut sehingga tidak terjadi penurunan yang merugikan masyarakat yang melakukan budidaya.