Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Irma Boimau: Literasi Sangat Penting Bagi Siswa dan Guru

KUPANG, Flobamora-news.com –Irma Chr. Boimau, S.Pd, Kepala SDI Oebufu, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo-Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, mengatakan bahwa literasi, dalam hal ini membaca menulis, sangat penting bagi peserta didik. Tidak hanya kepada para siswa, ia juga mengharapkan agar para tenaga pendidik juga aktif membaca dan menulis karena dengan membaca dan menulis guru dapat membimbing siswa secara baik.

Hal ini disampaikan Irma Boimau di ruang kerjanya, Sabtu (7/9/2019

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut Irma, Kegiatan membaca dan menulis, sangat bagus untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas peserta didik. Ketika banyak membaca otomatis mereka (siswa) lebih banyak tahu dan juga lebih lancar dalam membaca. Ketika membaca sudah menjadi kebutuhan, mereka akan lebih mudah dan cepat memahami suatu teks bacaan atau suatu pernyataan soal.

Baca Juga :  Pelatih dan Pemain PS Malaka Dipukul Orang Tak Dikenal di Ende

Irma melanjutkan, literasi tidak saja berhenti pada kegiatan membaca dan menulis. Literasi hendaknya membantu siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran yaitu bisa menjawab pertanyaan, menceritakan kembali suatu teks yang telah dibaca, dan berdeklamasi dengan baik dan benar, serta aktif dalam kegiatan kreatif lainnya.

Untuk mendukung program nasional Gerakan Literasi Nasional bagi guru dan peserta didik, di sekolahnya selalu disediakan waktu yang lebih banyak bagi guru dan siswa untuk membaca.