Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kelola Website Desa Dengan Baik, Podenura Ditetapkan Sebagai Desa Cinta Statistik

Avatar photo
IMG 20240422 WA0046
Pencanangan Podenura sebagai Desa Cinta Statistik, Photo dok: Flobamora-News

Nagekeo, Flobamora-News.com–Desa Podenura di Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, NTT, ditetapkan sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Penetapan Desa Cantik ini ditandai dengan launching Desa Cantik oleh Pemkab Nagekeo bersama BPS di aula Kantor Desa Podenura, Senin (22/04/2024).

Salah satu indikator penilaian Desa cantik dilatari beberapa kategori salah satunya adalah pemerintah Desa mampu mengelola data dengan baik dan terbuka melalui Website Desa. Dengan demikian, Podenura dipilih menjadi satu-satunya Desa dengan pengelolaan Website terbaik di Nagekeo.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Pemilihan Podenura ini juga berdasarkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah dengan pertimbangan selama ini Podenura telah berhasil dalam pengelolaan data dan memiliki website sendiri” jelas Kepala BPS Kabupaten Nagekeo Maria Angelina Regina Wea kepada Wartawan.

Baca Juga :  Tingkatkan Budaya Literasi SMPN Satu Atap Penmina Gandeng MPC-NTT

Ia menjelaskan bahwa pencanangan Desa Cantik ini merupakan progam Nasional BPS sejak tahun 2021 lalu. Desa Cantik adalah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data secara baik dan terpadu demi menunjang perencanaan pembangunan di Desa.

Mantan Kepala BPS Kabupaten Manggarai Timur ini mengatakan, setelah melakukan pencanangan ini, BPS Kabupaten Nagekeo akan mengusulkan Desa Podenura ke BPS Provinsi NTT dan selanjutnya akan diusulkan ke BPS Pusat untuk diterbitkan Surat Keterangan (SK). Setelah mengantongi SK tersebut, Pemerintah Desa kemudian menerbitkan SK agen-agen statistik atau agen data di tingkat desa.