Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Kemerdekaan dan Kualitas Manusia Indonesia

Avatar photo
20190806 100634

Indikator kemajuan kualitas SDM Indonesia yang juga mengalami tren positif ialah Global Competitiveness Report (GCR) yang dikeluarkan WEF.  Dalam CGR pada 2018, Indonesia berada di peringkat 45 dari 140 negara sebagai negara yang paling kompetetif. Tingkat kompetetif Indonesia rata-rata 46,50 dari 2007 sampai 2018. Di Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan keempat setelah Singapura (2), Malaysia (25), dan Thailand (38).

Indikator kualitas manusia yang juga diakui secara global ialah human capital index (HCI).  Pada 2018, HCI Indonesia yang diukur Bank Dunia mendapat skor 0,53 dari skala 0 sampai 1. HCI merupakan salah satu program Bank Dunia untuk menghitung komponen utama modal SDM terhadap benchmark untuk seluruh negara di dunia. HCI didesain untuk menjelaskan bagaimana perkembangan kondisi kesehatan dan pendidikan dapat mendukung produktivitas generasi yang akan datang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

HCI mengombinasikan komponen-komponen probabilitas hidup sampai usia 5 tahun (survival), kualitas dan kuantitas pendidikan, serta kesehatan termasuk isu stunting. Komponen tersebut merupakan bagian utama dari pengukuran produktivitas tenaga kerja di masa depan dari anak yang dilahirkan saat ini. Untuk komponen satu, yaitu survival, Indonesia unggul dari negara-negara Asia Selatan dan Afrika. Komponen dua, yaitu kualitas dan kuantitas pendidikan, Indonesia unggul dari negara-negara Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika. (red/Fn)

Baca Juga :  Kebijakkan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi Bikin Shock Banyak Kalangan

 


Reporter: Robert Enok