Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Klarifikasi Penetapan Cakades Jenilu Oleh DPMD Belu Terkesan Melecehkan Ilmu Pengetahuan

Avatar photo
20190904 085406

Gugatan tertulis dari Pria yang akrab disapa Robi Bau ini menunjukan ada tujuh persoalan dalam penyusunan soal.

Ketujuh permasalahan tersebut antara lain: pertama, adanya jawaban yang salah dari sembilan soal dan belum dipertanggungjawabkan secara akademis.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

20190904 090425

Kedua, ada dua butir soal yang memiliki dua jawaban yang benar. Ketiga, ada satu spa yang tidak memiliki opsi jawaban yang benar.

Keempat, ada sembilan soal tes yang tidak diketik dan diedit secara baik. Kelima, adanya dua soal yang hangus dan dijadikan bonus pada saat proses pemeriksaan.

Baca Juga :  Nikolaus Edestut Siap Maju Bupati Nagekeo 2024

Keenam, opsi jawaban dari soal pilihan ganda tidak konsisten seperti dari nomer 1-30 memiliki opsi jawaban sampai E, sedangkan 31-50 memiliki opsi jawaban hanya sampai D saja. Ketujuh, soal-soal tes Ujian hampir semua diundur dari Internet.

Dari ketujuh permasalahan dalam soal-soal ujian tersebut, si Penggugat menyampaikan enam poin keberatannya.

Sebagai salah satu contoh, pada butir soal nomor 13. Dikutip dari soal ujian tes: mana yang terkandung pada nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa adalah…
a. Selalu berjuang untuk kepentingan negara
b. Selalu menentang pada Negara penjajah
c. Rela berkorban untuk kepentingan negara
d. Selalu mengupayakan persatuan bangsa
e. Mau menyumbangkan harta untuk masyarakat
Jawaban yang benar menurut kunci jawaban panitia: B. Namun, jawaban opsi C merupakan jawaban yang paling tepat karena arti kata Patriotisme sendiri menurut KBBI adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran Tanah airnya; semangat cinta tanah air. Maka opsi C yakni Rela berkorban untuk kepentingan negara adalah jawaban yang tepat.