Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Saurip Kadi Tuding Pernyataan Kivlan Zein Hoax soal Kerusuhan 1998

Avatar photo
20111220 Mayjen Purn TNI Saurip Kadi

JAKARTA ,Flobamora-news.com – Mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal (Purn) Saurip Kadi membantah keras pernyataan nantan Kepala Staf Kostrad ABRI, Mayjen (Purn) Kivlan Zen, yang menuduh Wiranto berperan dalam kerusuhan 1998. Kamis (28/2/2019)

Menurut Saurip, saat itu dia ada di samping Wiranto, jadi, meskipun masih berpangkat kolonel, dia cukup memahami situasi yang terjadi.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Yang pasti apa yang diungkapkan Pak Kivlan Zein adalah bohong alias hoax,” tandas Saurip Kadi, di Jakarta, hari ini.

Baca Juga :  Diduga Langgar UU Nomor 2 Tentang Polri Polres Sarolangon Dilaporkan ke Kompolnas

Dikatakan, dalam mendatangkan suatu pasukan ke Jakarta, Wiranto (yang saat peristiwa tersebut adalah Panglima ABRI)  tidak memutuskan sendiri. Dia juga mendengarkan pertimbangan berbagai pihak seperti para komandan dan staf. Selain itu juga ada perkiraan intelijen.

Mengenai adanya pergeseran pasukan, Saurip mengatakan bahwa pergeseran pasukan serta perubahan perintah adalah hak Panglima ABRI.

“Gua nih, meski kolonel, di samping Wiranto,” kata Saurip.

“Memberangkatkan pasukan adalah tugas Pak Wiranto. Di tengah jalan ada perubahan, itulah fungsinya Pak Wiranto, itulah haknya Pak Wiranto.” tandas Saurip

Baca Juga :  OJK Berikan Sanksi Kasus PT Garuda Indonesia

Saurip meminta kepada Kivlan agar persoalan Kerusuhan Mei 98 tidak hanya berpatok pada asumsi karena akan membuat Indonesia semakin ketinggalan dengan negara lain.

“Ini persoalan, mohon maaf, begitu ruwetnya jangan disimplikasi. Jangan bilang kalau Pak Wiranto sumber kekacauan itu,” katanya.