Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Selamat Jalan Mantri Hende: Perawat Berkualitas Dokter

Avatar photo
IMG 20230810 WA0095

Secara pribadi saya pun mengenal sosok ini sejak masih kecil. Ia adalah tenaga Kesehatan yang tak terlupakan dalam ingatkan kami semua. Ia bekerja melampui tugas dan tanggung jawabnya. Di mata saya ia adalah sosok perawat yang memiliki kualitas layaknya seorang dokter. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa ia telah menyelamatkan dan menyembuhkan begitu banyak orang di wilayah tempat tugasnya. Meskipun tidak ada data yang terkumpul secara resmi, tetapi jika dihitung maka totalnya bisa mencapai puluhan ribu pasien yang ia sembuhkan terhitung sejak tahun 1978 hingga tahun 2002 silam.

Baca Juga :  Profisiat Forkot (Maumere) dan Media online yang Mempublikasikan Pembangunan Menara Lonceng Santu Yohanes Paulus II Maumere

Meskipun topografi di wilayah kami sangat luas dan terjal, namun tidak pernah menyurutkan semangat pengabdiannya. Dengan menunggang seekor kuda Mantri Hende berjalan dari desa ke desa, bukit, lembah dan ngarai untuk menemui setiap pasien yang membutuhkan pertolongannya. Alhasil dengan tangan dingin dan kharismanya, ia berhasil memikat hati rakyat yang ia layani dan ia sembuhkan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ada satu hal yang menarik untuk dikisahkan. Meskipun di satu sisi ia disukai banyak orang, ternyata ada sisi lain yang membuat dia sangat ditakuti. Bahkan sekadar mendengar namanya saja orang-orang sudah menunjukan ekspresi takut. Mereka yang berada dalam kalangan ini adalah anak-anak. Tidaklah mengherankan jika anak-anak takut padanya, sebab beliau kerap melakukan penyuntikan dengan gaya melempar ke sasaran atau area yang disuntik. Dan saya secara pribadi pun pernah merasakannya.