Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tekan Penularan Rabies, Pemkab Nagekeo Gencar Lakukan Vaksinasi 

Avatar photo
IMG 20240326 132903
Tim vaksinator Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo saat melaksanakan vaksinasi rabies, Photo dok: Flobamoranews.com

Nagekeo, Flobamora-news.com– Dalam menekan laju penyebaran virus Rabies, Pemerintah Kabupaten Nagekeo, melalui, Dinas Peternakan gencar melakukan vaksinasi hewan penular rabies terutama anjing. Hal ini sebagai tindak lanjut daripada surat Edaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT yang menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Rabies di NTT.

“Selama hampir 8 hari sejak hari pertama itu kami sudah berhasil melakukan vaksinasi 1.842 ekor atau kurang lebih 13 persen dari total populasi anjing di Kabupaten Nagekeo” jelas Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo Clementina Dawo di ruang kerjanya Rabu (27/03/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebelumnya pada 29 Februari 2024 lalu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menetapkan status keadaan siaga darurat bencana non alam kejadian luar biasa rabies di Provinsi NTT melalui Keputusan Gubernur NTT Nomor : 233/KEP/HK/2023 tanggal 27 Juni 2023 dan Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor : 389/KEP/HK/2023 tanggal 26 Desember 2023 tentang perpanjangan status keadaan siaga darurat bencana non alam kejadian luar biasa rabies di Provinsi NTT.

Baca Juga :  Belum Punya Jagoan di Pilkada Nagekeo 2024 Demokrat Buka Peluang Kader Eksternal 

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir dampak penyebaran virus rabies maka perlu dilakukan upaya-upaya medis dan non medis yang bersifat cepat, tepat dan terpadu dalam rangka percepatan penanganan KLB yang hingga saat ini angka penyebarannya terus meningkat dan telah menyebar di 15 kabupaten/kota.