Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tinjau Lokasi Bandara Surabaya ll, Bupati Don: Kita Ingin Landasan Ini Difungsikan Kembali

Avatar photo
1685621439513
Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do didampingi Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deny Wahy Setiawan meninjau lokasi pembangunan Bandara Surabaya ll, photo dok: Flobamoranews

Melihat daripada potensi luas lahan dan lokasi Bandara Surabaya ll yang begitu strategis, Don berharap pemerintah secara keseluruhan baik itu Pemerintah Daerah maupun pusat (tiga kementerian) bersama dengan TNI, ke depannya bisa mengembangkan bandara yang tidak hanya untuk kebutuhan komersil maupun pertahanan.

Pemerintah bersama TNI, kata Don bisa berkolaborasi membangun Bandara yang dengan cakupan runway yang lebih luas untuk kepentingan layanan penanganan tanggap darurat bencana, kepulauan termasuk berada dalam zona lingkaran rawan gempa (ring of fire).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deny Wahyu Setiawan menyampaikan tinjuan lokasi bersama perwakilan TNI AU dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo tersebut menegaskan bahwa lokasi yang telah dikaji sudah memenuhi persyaratan sehingga layak untuk sebuah Bandara baik dari segi kesiapan lahan maupun kesiapan teknis lain.

Baca Juga :  DPW PPP NTT Mengutuk Keras Tindakan Bom Bunuh Diri Di Surabaya

Setelah melakukan tinjauan lokasi, kata Dandim pihaknya akan menyampaikan ke tiga kementerian (Kemenhub, Kemenhan, dan Kemenkeu) guna melakukan kajian lebih lanjut untuk kepentingan pembangunan fisiknya.

“Sementara ini Pemda hanya melakukan kajian lokasi yang dibutuhkan itu sekian, tapi untuk kelayakan tanah perlu dikaji ulang lebih mendalam tiga kementerian. Ini nantinya akan melakukan kajian lebih panjang untuk menentukan rislah berapa yang akan dilaksanakan” jelas Deny.

TNI Angkatan Darat, ujar Deny, pada prinsipnya, mendukung pembagunan bandara di bekas bandara peninggalan Jepang sebagaimana kajian yang dilakukan Bappelitbangda Nagekeo, sebab lokasinya strategis dan ideal.