Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Crossway Ambruk Diterjang Banjir, Akses Jalan Lumpuh, Warga Mauponggo Butuh Jembatan

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
1704889836348
Anggota DPRD Nagekeo Patris Bhoko bersama Kepala Desa Wuliwalo dan Tokoh masyarakat saat meninjau Crossway yang jebol, Photo dok: FlobamoraNews

Nagekeo, FlobamoraNews.com– Akses Jalan yang menghubungkan beberapa Desa di Kecamatan Mauponggo bagian barat, Kabupaten Nagekeo, NTT, saat ini lumpuh total. Ruas jalan yang tidak bisa lagi diakses warga adalah segmen Funga-Watusaju yang menghubungkan desa Wuliwalo dan Desa Wolokisa sampai ke desa Bela.

Hal ini lantaran crossway yang berada di Kali Siu Toyo perbatasan antara desa Wuliwalo dan Desa Wolokisa ambruk diterjang banjir pada musim hujan pada 2021 lalu. Crossway tersebut dibangun pada tahun 2020 bersamaan dengan peningkatan jalan Funga-Watusaju.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut warga dan tokoh masyarakat yang ditemui FlobamoraNews di lokasi pada Rabu 10 Januari 2024 solusi satu-satunya agar jalan tersebut kembali bisa diakses masyarakat adalah kehadiran jembatan penghubung.

Baca Juga :  Bupati Nagekeo Dorong Usaha Kuliner Kelompok Ibu-Ibu Dasawisma Lirik Momentum Pesta

“Kami sangat mengharapkan kehadiran jembatan, karena ini akses jalan satu-satunya yang menghubungkan beberapa desa (Wuliwalo, Wolokisa dan Bela) bukan hanya sebatas akses antar desa akan tetapi ke luar daerah kerena ruas jalan ini tembus sampai ke Boawae” ungkap tokoh masyarakat Desa Wuliwalo Martinus Kota.

Bangunan crossway kata Martinus tidak mempan menahan terjangan banjir kali Siu Toyo yang memiliki debit air cukup besar ketika terjadi banjir. “Tidak bisa, dia kalau banjir air sampai meluap, pak lihat saja sendiri ini crossway saja jebol” bebernya.

Baca Juga :  SMPN 3 Boawae Profiling Minat Dan Bakat Siswa Melalui Ekstrakurikuler dan Sanggar Seni

Martinus mengungkapkan bahwa selama ini jika warga Desa Wuliwalo ingin ke Wolokisa dan Bela misalnya, harus memutar arah melewati Maukeli dengan jarak tempuh belasan kilometer, begitupun sebaliknya. Padahal jarak antara Desa Wolokisa dan Wuliwalo hanya beberapa kilometer saja.

DPRD Hanya Janji Tanpa Realisasi