Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Julie Laiskodat Dorong Petani Jaga Ketahanan Pangan Keluarga Antisipasi El Nino

Avatar photo
IMG 20230805 173012
Bimtek Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Nagekeo, Photo dok: Flobamoranews

Progam pelatihan tersebut kata Julie Laiskodat selaras dengan visi dan misi Pemkab Nagekeo di mana fokus mengembankan pertanian dan peternakan sebagai leading sektor pembangunan.

El Nino seringkali menyebabkan peningkatan suhu permukaan laut dan mengurangi curah hujan di beberapa wilayah. Kekeringan yang berkepanjangan dapat terjadi akibat hal ini, yang menyebabkan ketersediaan air untuk pertanian menjadi berkurang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa tahun ini akan terjadi bencana kekeringan ekstrim yang dimulai dari Juli sampai Oktober. NTT sebagai salah satu wilayah dengan topografi kering sejatinya dilakukan upaya mengantisipasi agar sektor pertanian lebih khusus tanaman pangan dan holtikultura tidak mengalami penurunan produksi.

“Dengan adanya bimtek ini kita berharap NTT dan Nagekeo terutama bisa mempertahankan produksi supaya El Nino ini tidak berdampak negatif bagi masyarakat” jelas Pejabat Fungsional Pengawas Benih Tanaman Direktorat Perbenihan Ditjen Tanaman Kementerian Pertanian Ir Ely Kuncoro

Sementara itu, Bupati Nagekeo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Komisi lV DPR RI juga Kementerian Pertanian yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di Kabupaten Nagekeo. “Terimakasih kepada Pak Kuncoro dari Kementerian Pertanian yang sudah menyalurkan bantuan ini dan datang langsung melihat Nagekeo” ungkap Don Bosco.