Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Kebijakkan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi Bikin Shock Banyak Kalangan

Avatar photo
20230303 003854

Rencana 10 sekolah gabungan SMA dan SMK yang masuk pukul 5.00 pagi, tentunya ini menimbulkan banyak permasalahan apabila diterapkan pada sekolah dan anak didik maupun orang tua anak.

Pemberlakuan masuk sekolah jam 5.00 pagi bagi pelajar akan menimbulkan beberapa masalah karena masuk sekolah jam 5 pagi adalah sesuatu yang tidak lazim. Apabila sekolah masuk jam 5 pagi maka setidaknya Pelajar harus bangun mulai pukul 4.00 dini hari, bukan hanya pelajar saja yang bangun lebih pagi, tetapi orang tua siswa juga harus bangun lebih pagi lagi, setidaknya sebelum jam 4 pagi untuk menyiapkan sarapan bagi anak-anaknya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kebijakan ini sangat membuat shock bagi banyak kalangan karena tidak lazim. Apabila jadi pemimpin yang membuat aturan, terutama bagi anak didik, mestinya rasional, dengan melakukan study kelayakan, melakukan survey dan menyediakan fasilitas pendidikan dan fasilitas pendukung terlebih dahulu serta mengecek kesiapan para pengajar dan mendengar masukan dari orang tua murid dan apakah ada contoh di negara-negara maju tentang pemberlakuan seperti itu lazim dan apakah dapat meningkat mutu Pendidikan dari anak didik atau tidak? Jangan tiba-tiba untuk mencari sensasi publik dengan membuat aturan Pendidikan tapi aturan itu tidak lazim dan bahkan sangat tidak popular dan bahkan mandapatkan protes dari banyak kalangan, terutama dari pemerhati dunia Pendidikan.