Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Kebijakkan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi Bikin Shock Banyak Kalangan

20230303 003854

Kebijakan ini sangat membuat shock bagi banyak kalangan karena tidak lazim. Apabila jadi pemimpin yang membuat aturan, terutama bagi anak didik, mestinya rasional, dengan melakukan study kelayakan, melakukan survey dan menyediakan fasilitas pendidikan dan fasilitas pendukung terlebih dahulu serta mengecek kesiapan para pengajar dan mendengar masukan dari orang tua murid dan apakah ada contoh di negara-negara maju tentang pemberlakuan seperti itu lazim dan apakah dapat meningkat mutu Pendidikan dari anak didik atau tidak? Jangan tiba-tiba untuk mencari sensasi publik dengan membuat aturan Pendidikan tapi aturan itu tidak lazim dan bahkan sangat tidak popular dan bahkan mandapatkan protes dari banyak kalangan, terutama dari pemerhati dunia Pendidikan.

Baca Juga :  Selamat Jalan Mantri Hende: Perawat Berkualitas Dokter

Sebagai Pejabat publik itu harusnya cerdas dan pakai akal sehatnya untuk melihat berbagai perkembangan dalam dunia Pendidikan, bukan asal-asalan buat aturan belajar tapi mengorbankan banyak pihak terutama mengorbankan anak didik dan orang tua murid serta pengajar atau para guru.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Apabila aturan masuk sekolah dibuat masuk sekolah jam 5 pagi, dan sebentar lagi akan masuk bulan puasa, maka akan tidak produktif dalam belajar, karena bagi anak-anak sekolah yang menjalankan puasa, waktu sahur selesainya jam 04.30 wita, dan imsak jam 04.30 wita, lalu sekolah diharuskan masuk jam 5 pagi, bagaimana jadinya kualitas Pendidikan dari anak tersebut, kasihan kan? anak dididik menjadi korban dari sebuah kebijakan yang keliru yang dibuat oleh pemimpinnya. Ini salah satu contoh.

Baca Juga :  Advokad: Antara Klien, Hukum dan Keadilan

Kalau mau meningkatkan kualitas Pendidikan, salah satunya siapkan dulu fasilitas pendidikannya, tingkatkan gizi anak dan latihlah anak untuk disiplin dalam belajar serta taat beribadah, dan itu harus sinergi dan pemimpin harus punya telinga untuk mendengar masukan, bukan semau gue, karena dampak dari sebuah kebijakan akan mempengaruhi masa depan anak didik, tetapi contoh hidup seorang pemimpin akan menjadi buku yang terbuka bagi masyarakat yang dipimpinnya dan itu akan sangat berdampak besar bagi kemajuan Pendidikan anak didiknya dan bagi perkembangan daerahnya.
Bahwa dari beberapa ahli yang pemerhati dunia Pendidikan termasuk dokter, telah menyatakan tidak ada parameter sekolah pagi hari atau sekolah subuh itu akan membuat anak menjadi pintar dan dapat masuk sekolah yang top dan berhasil.