Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kota Kupang  
Topik : 

Kominfo Kota Kupang Siap Tepis Berita Hoax Terkait Pemilu 2024

Avatar photo
Reporter : Lia Editor: Redaksi
IMG 20230823 161541

Termasuk informasi yang beredar secara nasional, kata Seprilyani, tetapi kalau informasi hoax itu mempengaruhi masyarakat Kota Kupang atau menimbulkan keresahan di wilayah Kota Kupang, maka itu bisa dan harus dilakukan klarifikasi. Jadi, kerjasama dengan mitra-mitra sangat membantu untuk melakukan mitigasi informasi

“Dengan Program Kota Kabas Hoax ini, kita melakukan klarifikasi ketika ada informasi-informasi yang berkembang, yang menimbulkan keresahan dan merugikan masyarakart, menimbulkan tandatanya, dan kegaduhan. Nanti ketika pemilu dan pilkada banyak informasi serupa akan beredar,” kata Seprilyani.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jadi visi dari Program Kota Kabas Hoaks, kata Seprilyani, adalah melakukan klarifikasi. Dan klarifikasi itu langsung dengan sumber beritanya atau kanal-kanal resmi, official kanal. Jadi sumber beritanya jelas dari Lembaga yang kompeten.

Baca Juga :  Baru Dua Hari Dilantik Pejabat Wali Kota Kupang Koordinasi Pengembalian JTP di BKN

Dikatakan Seprilyani, ada lima lembaga dari luar Pemkot Kupang yang kini menjadi mitra Dinas Kominfo Kota Kupang dalam pelaksanaan Program Kota Kabas Hoax. Kelima mitra itu yakni Ciber Crime Polda NTT, Polresta Kupang Kota, FISIP Undana dan Fakultas Ilmu Komunikasi Undana, dan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) NTT.

“Kalau FISIP Undana dan Fakultas Ilmu Komunikasi Undana, itu lebih kepada edukasi dan literasi digital, karena mereka punya Teknologi Komunikasi, dan punya literasi digital. Jadi kita pakai dua fakultas itu,” jelas Seprilyani.

Baca Juga :  Bank NTT Peduli Penyandang Disabilitas

Untuk sementara, kata Seprilyani, masih berjalan dengan lima mitra yang ada, tetapi kedepan akan ada kemungkinan untuk menambah mitra-mitra lagi guna memperkuat fungsi dari Program Kota Kabas Hoaks ini.

“Menghadapi Pildada tahun depan, sudah ada dalam agenda. Kita juga sudah melakukan kunjungan mitra ke Siber Crime Polda NTT. Nanti, kita juga akan roadshow ke mitra-mitra  yang lain, dan dalam rencana akan duduk bersama dengan Kesbangpol Kota Kupang, juga pihak-pihak terkait lainnya, untuk membicarakan mengenai mitigasi informasi sehubungan dengan pemilu,” jelas Seprilyani.

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan Pemkot Kupang . Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pemkot Kupang .