Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kunjungan Wisman ke Nagekeo Tahun 2023 Hanya 77 Orang, Kadis Pariwisata Bilang Begini!

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20240316 205759
Wisatawan asal Perancis saat berkunjung ke Batu Kodok, Photo dok: Flobamoranews.com

Data teranyar ada 1,14 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Desember 2023. Angka itu melonjak 22,91% dibanding bulan sebelumnya (month-on-month/mom).

Menurut Teda Sada, kehadiran wisata mancanegara sebenarnya tidak memberikan dampak signifikan bagi devisa suatu daerah, sebab berdasarkan riset, wisatawan asing tidak lebih royal dibandingkan wisatawan domestik. “Wisatawan asing tu pelit, yang justeru royal itu yang domestik” katanya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Definisi wisatawan mancanegara adalah setiap orang yang mengunjungi suatu negara di luar tempat tinggalnya, didorong oleh satu atau beberapa keperluan tanpa bermaksud memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi dan lamanya kunjungan tersebut tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan. Definisi ini mencakup dua kategori tamu mancanegara, yaitu Wisatawan (tourist) dan pelancong (Excursionist).

Baca Juga :  Warga Pasang Kelambu di Kandang Untuk Halau ASF, Dokter Hewan Titip Pesan!

Menurut Teda Sada, tujuan pembangunan pariwisata di suatu daerah sejatinya bukan hanya untuk menarik minat wisatawan mancanegara semata, akan tetapi yang harus diutamakan adalah wisatawan lokal, masyarakat di darat itu sendiri.

“Saya pastikan itu tidak, saya ini ditugaskan menjadi Kepala Dinas Pariwisata bukan untuk menyenangkan orang luar, sementara orang Nagekeo sendiri stres karena tidak tahu mau ke mana, obyek wisata kita tidak terurus” ungkap Dia.