Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Meski Tak Terurus, Pantai dan Kolam Air Panas Ini Ramai Dikunjungi Wisatawan Saat Liburan

Avatar photo
1000394311
Obyek Wisata Pantai Nangadhero, Photo dok: Flobamoranews.com

Kepala Desa Nangadhero Muhammad Ruslan membenarkan bahwa kedua obyek wisata itu belum ditata sacara baik guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) baik oleh Pemerintah Desa maupun Pemerintah Desa Nangadhero.

1000394312
Pantai Nangadhero dengan view Sunset, Photo dok: Flobamora-News

Pemerintah Desa Nangadhero kata Ruslan berniat menjadikan Nangadhero sebagai role model destinasi wisata bahari berikut fasilitas di dalamnya. Sebelumnya, kata Ruslan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nangadhero dan kelompok pemuda berinisiatif untuk membangun fasilitas serta menyediakan sarana dan prasarana, akan tetapi belakangan mati suri. Salah satu alasan geliat ini tak berkesinambungan adalah konflik kepentingan diantaranya hak ulayat tanah lokasi kedua spot wisata itu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kami tentu tidak mengakui bahwa tidak ada kendala, misalnya soal penataan lokasi parkiran ataupun ruang ganti misalnya kendalanya tu apa soal Ulayat yang kami sendiri pemerintah desa agak kesulitan mendapatkan solusi terbaik. Manakala kami membangun fasilitas takutnya datang orang dari berbagai penjuru kemudian mengklaim” ujarnya.

“Terhadap pihak-pihak yang mengklaim ini kami belum mendapatkan ruang untuk dipertemukan, kami akhirnya kebingungan” tambahnya lagi.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas terkait sesuai dengan regulasi yang ada semestinya bisa menetapkan kawasan tersebut sebagian zonasi jalur hijau, sehingga Pemerintah Desa punya kewenangan untuk bisa menata kawasan tersebut menjadi lebih baik.

“Kami tentu berharap kepada kita semua sebagai pemerhati wisata untuk bisa mendorong kawasan ini menjadi destiywisata unggulan. Saya melihat ini belum ada kehendak baik dari Pemerintah dan juga Political Will dari lembaga DPRD untuk bisa mendorong kawasan ini menjadi spot wisata yang bisa mendongkrak PAD” pungkasnya. (***)