Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Rohani  

Seminari Ledalero Sudah Mengirim Lebih dari 1.000 Misionaris ke Luar Negeri

Avatar photo
IMG 20230706 WA0082

Imam SVD di Indonesia saat ini sekitar 25% dari total imam SVD dunia. “Ada kebanggaan kita karena superior genderal atau pemimpin tertinggi SVD sedunia adalah Pater Paul Budi Kleden SVD, putra Flores dan alumnus STL. Ia terpilih menjadi superior general SVD sedunia pada 4 Juni 2018.

Didirikan di Steyl, Belanda tahun 1875 St Arnoldus Janssen, imam Katolik diosesan asal Jerman yang tinggal di Belanda, SVD kini menjadi ordo atau kongregasi Katolik peringkat ketiga di dunia dilihat dari jumlah imam. Ordo terbesar adalah Serikat Jesuit (SJ) dan kedua adalah Salesian Don Bosco Serikat Salesian. “SVD nomor tiga terbesar dari sisi jumlah imam, tapi nomor satu dilihat dari jumlah misionaris yang dikirim ke berbagai penjuru dunia,” papar Pater Pice.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat ini terdapat sekitar 24 kongregasi yang diakui Gereja Katolik. Pada tahun 2006, Ordo SVD beranggotakan 6.102 orang, terdiri atas pastor dan bruder. Sebagian besar, sekitar 6.000 adalah imam dan sekitar 1.477 berasal dari Indonesia, hasil dididikan STL. Sudah lebih dari 1.000 imam SVD yang dikirim ke luar negeri dan yang masih berada di luar negeri saat ini sekitar 400 yang tersebar di 46 negara.

Baca Juga :  Injil Yesus: Buku Cinta!

Ketika Eropa, Amerika, dan belahan dunia lainnya sepi, panggilan untik menjadi imam misionaris di NTT bertumbuh sangat subur. STL menerima banyak calon imam dari seminari menengah di Flores, Timor, Sumba, dan juga dari luar NTT. Tak pelak, STL menjadi kawah candradimuka paling penting bagi pendidikan calon imam.

Dan ketika bicara tentang calon imam di STL, kita berbicara tentang SVD, ordo yang secara resmi menginjili Flores sejak 1915, melanjutkan tongkat estaset dari Ordo SJ yang bekerja di Nusa Nipa sejak 1859. Sebelum SJ, ada Orda Dominican yang sudah menjadi misionaris sejak 1630 bersama dengan masuknya saudagar Portugis ke Flores Timur, Timor Timur, dan Maluku.

Baca Juga :  Pertemuan gabungan Persit KCK Cab XV Dim 1604 Koorcabrem 161, Ini pesan Ibu Ketua

SVD sejak awal berdiri memang ditujukan untuk keluar dari kerumunan umat manusia yang sudah mengenal Yesus. Ordo SVD dihadirkan untuk menjadi misionaris.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28: 19-20). Oleh: Primus Dorimulu