Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

KMK Fapet Undana Beri Pelatihan Pembuatan Fermentasi Pakan Babi Hingga Sosialisasi ASF

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
1000265149

Foto: Pembuatan pakan fermentasi ternak babi oleh KMK Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana Kupang di hadapan masyarakat Desa Tenda Ondo, Kabupaten Ende

ENDE, Flobamora-News.com– Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santa Perawan Maria Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, menggandeng Pemerintah Kabupaten Ende, melaksanakan sosialisasi African Swine Fever (ASF) hingga pembuatan fermentasi pakan babi bagi masyarakat Desa Tenda Ondo, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sosialisasi ASF dan pembuatan fermentasi pakan ternak babi ini merupakan satu dari serangkaian kegiatan KMK Fapet Undana selama kurang lebih sepekan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Tenda Ondo. “Kegiatan yang di lakukan selama sepekan ini adalah sosialisasi ASF, pembuatan pakan fermentasi ternak babi serta beberapa kegiatan sosial lainnya” jelas Ketua KMK Fapet Undana Alexandro Tmaneak melalui rilisan pers yang diterima Flobamora-news, Minggu 31 Maret 2024.

Baca Juga :  ASF Kembali Merebak, Pj Bupati Nagekeo Minta Hentikan Sementara Penjualan Babi di Pasar 

Menurut Alexandro, dengan adanya pelatihan tersebut, masyarakat peternak didorong untuk mulai mengoptimalkan penggunaan pakan fermentasi dalam upaya meningkatkan produktivitas. Di mana selama ini pertumbuhan ternak belum optimal karena faktor pakan yang diberikan belum sesuai dengan standar kualitas yang baik dan dalam pemberiannya belum memenuhi kebutuhan ternak.

Dijelaskannya, proses pembuatan pakan fermentasi ini dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan sederhana sebab, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat seperti Kulit kakao, Lamtoro, Batang Pisang, EM4 dan Gula. “Fermentasi Pakan merupakan semua bahan pakan yang biasa dikonsumsi oleh ternak yang tidak menganggu Kesehatan ternak tersebut” terangnya.