Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

KMK Fapet Undana Beri Pelatihan Pembuatan Fermentasi Pakan Babi Hingga Sosialisasi ASF

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
1000265149

Sosialisasi ASF

Memasuki awal tahun 2024, sejumlah daerah di NTT, khususnya Pulau Flores kembali dilanda wabah ASF yang menyerang ternak babi. ASF merupakan penyakit yang sangat menular pada babi dan dapat menyebabkan kerugian besar pada populasi babi. Dengan adanya ancaman ini memotivasi KMK Fapet Undana dalam memanfaatkan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan informasi yang tepat dan langkah-langkah pencegahan yang efektif kepada para peternak di wilayah setempat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam pelaksanaan sosialisasi bahwa ASF ini KMK Fapet Undana menggandeng Pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Pertanian, Bidang Peternakan. Alexandro mengatakan pihaknya berkesempatan menyampaikan kiat-kiat yang mesti diperhatikan masyarakat peternak dalam menghadapi wabah ASF.

Mahasiswa meminta masyarakat senantiasa menjaga kebersihan kandang dan ketika ada babi yang sakit segera di karantina di kandang lain. Selain itu masyarakat juga untuk sementara menghentikan atau tidak membeli babi dari luar daerah. Karena bisa saja babi yang dibeli dari luar daerah bisa menjadi sumber pembawa penyakit.

“Babi yang mati terkena ASF diharapkan untuk tidak di buang ke kali atau di biarkan begitu saja, tetapi di kuburan agar virus dari babi yang mati tidak menyerang atau menyebar ke babi lain” ujarnya.