Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lebih Dekat Dengan Dony Moni, Wartawan Peduli Pendidikan di Nagekeo

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20230925 WA0047
Dony Moni saat membagikan buku bacaan kepada siswa SDI Wolooka, photo dok: Flobamora-news

Nagekeo, Flobamoranews.com– Jarum jam menunjukkan pukul 12:30 WITA. Handphone Johanes D.B Moni tiba-tiba berbunyi saat Ia tengah asyik rebahan di ranjang kamar kosnya, Minggu (24/09/2023) siang. Ada pesan What’s Up masuk.

Di balik layar terlihat ada video amatir yang dikirim warganet dalam satu grup WA. Video berdurasi 1 menit itu menunjukkan musibah kebakaran yang terjadi di SDI Wolooka, Desa Wolotelu, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo. Satu buah gudang dan tiga ruang kelas rata dengan tanah.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebagai pemburu berita, Ia lantas mencari tahu informasi dan menghubungi para pihak terkait dengan kejadian naas tersebut untuk dijadikan berita. Tidak butuh waktu lama bagi mantan wartawan Victory News dan Pos Kupang ini meramu sebuah pemberitaan. Di hari yang sama Minggu (24/09) sore, berita di TVRI NTT peristiwa kebakaran itu pun keluar.

Baca Juga :  Pesan Sekda Lukas Untuk Guru Paud: Non Scholæ Sed Vitæ Discimus

Namun, bukan Dony Moni namanya jika tidak berbuat sesuatu yang lebih membantu para siswa di sekolah tersebut. Malam, Ia terus berpikir, apa yang bisa dilakukan guna membantu para generasi muda penerus bangsa di sana. Satu ide brilian pun tiba-tiba terlintas di benaknya. Buku. “Ya saya harus sumbang kasi anak-anak buku” batinnya sembari mengemas buku-buku bacaan dan mata pelajaran.

Keesokan harinya Senin (25/09/2023), Doni bangun pukul 04: 00 pagi. Lebih cepat setengah jam dari azan subuh di Masjid Baiturahman Danga. Ada jadwal dari bagain protokol dan komunikasi pimpinan daerah Setda Nagekeo jika Bupati Johanes Don Bosco Do akan meninjau langsung lokasi sekolah yang terbakar hari itu juga. Pria asal Nagarawe itu pun tak menyia-nyiakan kesempatan. “Numpang EB 1 saja” katanya.

Baca Juga :  Kelompok 'Speda' Dukung Keterwakilan Perempuan di DPRD Nagekeo

Menggunakan mobil Toyota Vios warna merah kombinasi putih miliknya, ia kemudian bergegas menuju Rujab Bupati menyusuri jalanan kota Mbay yang memang masih remang-remang itu. Dony sampai di Rujab Bupati mungkin belum bangun.

Setelah menempuh kurang lebih dua jam perjalanan rombongan Bupati akhirnya sampai di SDK Wolooka. Ia kemudian bergegas mengeluarkan buku-bukunya dan menyerahkan langsung kepada siswa-siswi di sana. Para siswa tampak senang mendapatkan sumbangan buku yang didominasi buku cerita dan mata pelajaran tersebut.