Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lebih Dekat Dengan Dony Moni, Wartawan Peduli Pendidikan di Nagekeo

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
IMG 20230925 WA0047
Dony Moni saat membagikan buku bacaan kepada siswa SDI Wolooka, photo dok: Flobamora-news

Meski cita-citanya tidak terwujud, setidaknya ia sudah merasakan sensasi naik pesawat tempur F-16. Ini terjadi pada beberapa tahun lalu kala dia masih aktif menjadi kontributor Victori News di mana ada kegiatan latihan terbang TNI Angkatan Udara yang menggandeng wartawan. Dony menjadi satu-satunya wartawan yang lolos uji kelayakan terbang. Mungkin seluruh Wartawan di Dunia ini hanya Dony yang sudah pernah naik pesawat tempur. Jika awalnya dia memilih kuliah akademi penerbangan maka ceritanya akan lain. Dia hanya butuh satu langkah lagi untuk benar-benar jadi pilot. “Itu pengalaman yang saya tidak pernah lupa seumur hidup” katanya.

Selama di bangku kuliah Dony aktif di organisasi ekstra kampus. Menjadi kader PMKRI cabang Kupang hingga masuk jajaran kepengurusan Persatuan Mahasiswa Nagekeo (Permasna). Di mata teman-teman kampus Dony dikenal sebagai aktivis sejati dan orator ulung. Gaya bicaranya ketika berorasi mirip Almarhum Kanis Pari penulis buku Jangan Takut Berpolitik. “Pernah satu kali kami polisi tangkap terus disel karena demo” ucap Don ketika mengingat kembali masa jayanya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kemampuan menulisnya diasah ketika dia aktif bergabung di organisasi. Sebab, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan termasuk pelatihan menulis dari senior-senior. Setelah lulus kuiah Ia kemudian melamar manjadi wartawan Victory News dan langsung diterima. “Mungkin jurnalis ini jalan Tuhan bagi saya dan saya menikmati pekerjaan ini. Ingat kata Bung Karno Ade, menulislah seperti wartawan berbicaralah seperti orator” tegasnya.

Terjun ke dunia politik dan Menjadi Caleg

Sebagai seorang mantan aktivis, tak cukup baginya untuk terlibat membangun bangsa dan daerah hanya melalui tulisan. Ia lantas berpikir harus terlibat aktif dalam tata kelola pemerintahan melalui jalur politik. Ya menjadi anggota dewan.

Pemilihan Legislatif 2018 lalu Ia sempat berkompetisi merebut satu kursi melalui dapil Nagekeo lll (Boawae) dengan memilih Demokrat sebagai kendaraan politiknya. Namun belum beruntung. Meski mendulang suara yang cukup signifikan namun tidak banyak mendapatkan dukungan suara dari caleg lain.

Kala masih di Demokrat, Dony sempat diterpa isu tak sedap bergabung dengan Demokrat kubu Moeldoko dan menjadi satu-satunya perwakilan Nagekeo mengikuti KLB di Deli Serdang. Namun rumor tersebut diklarifikasi oleh Dony sendiri. Namanya punya tak pernah tercatat jadi peserta dalam KLB tersebut. “Tidak ada, jangan sembarang, hoax itu” ucapnya menegaskan.