Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pesan Refleksi Bupati Don di HUT ke-17 Kabupaten Nagekeo

Avatar photo
Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
1702041693405
Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, Photo dok: FlobamoraNews

Malam kita lanjutkan dengan Kaijo sebuah ritual lokal dan juga Tandak dari Rendu dipentaskan dalam Festival One Be. Ini panggung di mana leluhur kita menarasikan nasihat-nasihat bijak dalam tatanan hidup bersama, tenggang rasa dengan sesama dan juga merawat alam. Saat ini di mana kita mengalami kelangkaan satwa-satwa liar yang berakibat pada ketidakseimbangan ekosistem alam ini dengan berbagai dampak buruk.

“Ini semua bagian dari pesan Festival yang ingin kita sampaikan dan ini adalah Festival tahun pertama dan diikuti tahun-tahun berikutnya” ungkapnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut Don Bosco, target Pemerintah Kabupaten Nagekeo adalah pada tahun ketiga Festival One Be ini sudah dapat dikemas dan dinilai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga bisa diangkat menjadi even nasional. “Tekad Pemerintah Kabupaten Nagekeo dan masyarakat ingin even One Be pada tahun ke empat sudah bisa menjadi even Nasional” tegas Don Bosco.

Dalam perjalanan ke depan ini, kita akan membenahi apa yang sudah atau sedang kita jalan. Kita diberi landscape alam yang cukup indah, lengkap mulai dari stepa, sabana, gunung api, kawasan hutan bakau. Nagekeo sudah ditunjuk oleh lembaga dunai Landesa sebagai tempat studi bagaimana merawat mangrove supaya ada keseimbangan antara fungsi ekonomis dan ekologis.

Lebih jauh Don Bosco mengatakan Pemerintah Kabupaten Nagekeo juga berkomitmen membangun sumberdaya manusia terutama generasi muda agar mampu bersaing di masa depan. Dalam implementasinya, Pemda bekerja sama dengan sejumlah mitra baik itu NGO maupun perusahaan swasta yang mengembangkan inovasi pembelajaran di Kabupaten Nagekeo seperti INOVASI, Taman Baca Pelangi, Enuma, Plan Internasional, WFI, WISE, Lembaga Gasing besutan Profesor Surya dan yang teranyar Briton Institut.

“Semuanya datang ingin membantu kita, membantu anak-anak Kabupaten Nagekeo, karena mereka tahu dalam usia ini kita punya energi banyak untuk menyerap banyak pengetahuan dan keterampilan baru” pungkasnya. (Arjuna)