Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Prodi D3 Keperawatan Stikes Maranatha Kupang Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat 

Avatar photo
Reporter : Saverinus Suhardin Editor: Redaksi
IMG 20240207 WA0349

Karena itu, lanjut Awaliyah M. Suwetty, untuk mendukung pengobatan medis, civitas academica Prodi D3 Keperawatan Stikes Maranatha Kupang mengadakan pengmas dengan mengajarkan masyarakat tentang pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) sebagai terapi komplementer.

Awaliyah M. Suwetty menjelaskan, PTM itu membutuhkan pengobatan yang lama sehingga perlu mendapat dukungan dari sumber lain seperti TOGA. Karena itu, ia menilai masyarakat perlu diberdayakan agar tahu dan mampu memanfaatkan berbagai TOGA yang ada di lingkungan rumahnya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Sesuai namanya, Bapak/Ibu, komplementer…, terapi ini hanya sebagai pelengkap, bukan menggantikan pengobatan medis. Jadi, Bapak/Ibu tetap melakukan pemeriksaan rutin di puskesmas,” pesan Awaliyah M. Suwetty di hadapan 50-an masyarakat yang hadir.

Baca Juga :  Problem Kemiskinan di Indonesia dan NTT

Kepala Dusun 3 Oeika, Oni Olibus, menyambut baik kegiatan pengmas tersebut. Ia menyampaikan terima kasih kepada Prodi D3 Keperawatan Stikes Maranatha yang selalu melakukan praktik (PKN) di wilayah Baumata Utara, termasuk Dusun Oeika.

Oni Olibus juga bersyukur dengan adanya kegiatan praktik pembuatan minuman herbal dari TOGA. Ia berharap masyarakatnya untuk langsung mendengar, melihat, dan mempraktikkan apa yang disampaikan dosen maupun mahasiswa/i.

“Jangan lupa lakukan di rumah sepulang dari sini. Bahan-bahannya ada di sekitar kita punya rumah, jadi mudah dijangkau. Kalau ada yang belum punya, tolong segera tanam,” kata Oni Olibus sebelum membuka kegiatan secara resmi.

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama Flobamora-News.Com Dengan STIKES Maranatha . Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab STIKES Maranatha .