Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Temu Refleksi Taman Bacaan Pelangi Bahas Keberlanjutan Perpustakaan Ramah Anak di Nagekeo

Avatar photo
IMG 20230727 WA0100

Lebih lanjut Monita berharap dukungan kerjasama semua elemen baik itu Pemerintah Daerah, pihak sekolah, Komite hingga orang tua wali sehingga program tersebut bisa berhasil dan mampu meningkatkan literasi siswa di Kabupaten Nagekeo. Tercatat, dari 7.800 anak di 66 sekolah dasar mereka berhasil meminjam 222.000 judul buku. Ita artinya dalam satu anak berhasil membaca 3 jenis buku bacaan per bulannya.

“Progam ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari Pemda, guru maupun orang tua. Harapannya setelah selesai pendampingan, perpustakaan ini tetap dikelola secara baik, bisa mandiri untuk mendatangkan buku yang baru” harap Monita.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ana Maria Benga Menge, pengelola perpustakaan ramah anak di SDK Boawae, Kecamatan Boawae mengaku, kehadiran Perpustakaan ramah anak terbukti ampuh meningkatkan minat baca siswa.

Baca Juga :  Tangis Air Mata Warnai Sidang Dengar Pendapat DPRD Belu terkait SK 204 Guru Tenaga Kontrak

Salah satu faktor yang mempengaruhi minat baca siswa kata Ana Maria adalah Perpustakaan ramah anak Tanam Baca Pelangi menghadirkan desain interior dengan menghiasi ruangan perpustakaan yang membuat siswa betah berlama-lama di perpustakaan. “Selain desain ruangan juga, jenis buku yang disiapkan di perpustakaan selalu rolling bergantian setiap bulan, jadi anak itu tidak cepat bosan dengan aneka judul buku baru” katanya.