Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Densus dan Koopssus Tak Tumpang-Tindih Tangani Terorisme

Avatar photo
IMG 20190730 WA0195

IMG 20190730 WA0194

Koopssus sebelumnya resmi dibentuk Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Panglima TNI sempat menyebutkan sejumlah keunggulan dari Koopssus itu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Koopssus TNI melengkapi jajaran satuan elite yang telah dimiliki TNI sebagai satuan elite. Personel Koopssus TNI yang berasal dari pasukan khusus ketiga matra merupakan prajurit pilihan mereka memiliki kualifikasi untuk melakukan berbagai jenis operasi khusus, baik di dalam maupun di luar negeri, yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi,” ujar Marsekal Hadi dalam amanatnya di Lapangan Koopssus, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini.

Baca Juga :  Soal FaceApp, Kominfo Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Unduh Aplikasi Baru di Gadget

“Ciri dari Koopssus TNI seperti yang saya sampaikan adalah kecepatan dan kemungkinan hasil persentase mendekati 100 persen. Kecepatan adalah ketika ada ancaman dari dalam maupun luar negeri, Panglima TNI langsung bisa memerintahkan untuk bergerak dengan cepat dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi,” imbuh Panglima TNI.

Nantinya tugas Koopssus TNI lebih banyak bergerak menangkal terorisme. Fungsi intelijen sangat diutamakan dalam pasukan ini.

“Tugas fungsi adalah penangkal, penindak dan pemulih. Penangkalnya di dalamnya adalah surveilans, yang isinya intelijen, 80 persen kita laksanakan adalah surveilans atau observasi jarak dekat dan 20 persen penindakan. Maka intelijen ada di fungsi penangkalan,” pungkas Masekal Hadi.