Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Komsos Paroki Stella Maris Danga Edukasi Internet Sehat Bagi Pelajar

Avatar photo
IMG 20230727 114508

Mengantisipasi perilaku buruk pengguna internet di kalangan pelajar, Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki Stella Maris, Danga di Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT, memberikan edukasi internet sehat bagi pelajar SMP dan SMK se-kota Mbay di Gereja Centrum, Paroki Stella Maris Danga, Kamis, (27/7/2023).

Komsos Paroki menggandeng Jurnalis TVRI lokus Nagekeo Yohanes DB Moni atau yang biasa disapa Doni Moni. Dalam pemaparannya Doni Dony menyebutkan beberapa jenis pelanggaran di media sosial yang perlu diketahui pelajar diantaranya menyebarkan berita hoaks, pencemaran nama baik, penipuan online, Cyberbullying, menyebarkan kebencian, dan Privacy violation (menyebarkan suatu konten bahkan data pribadi milik orang lain tanpa izin).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepada pelajar Doni menjelaskan bahwa cara membedakan berita baik dan berita palsu, yakni dengan melihat penyebar atau sumbernya. Berita baik akan disebarkan oleh akun asli atau situs tepercaya, sedangkan berita palsu disebarkan oleh akun anonim. “Ketika ada berita atau informasi yang muncul di beranda media sosial kita harus kita verifikasi dulu sumber dan kebenarannya, jangan cepat-cepat share atau forward teman-teman atau malah posting di akun media sosial kita” pesan Doni.

Baca Juga :  Dipimpin Bertin Seke, Relawan Don Coan Silaturahmi ke Markas PKS

Menurut Doni, bagaimana cara menjadikan internet tempat yang aman maka perlu menunjukan perilaku yang baik di dunia maya seperti dengan memberikan respon positif kepada postingan teman bukan malahan memberikan komentar negatif dan cenderung menyerang teman yang malah nantinya berdampak hukum.

Tercatat, pada tahun 2020, jumlah kasus terkait UU ITE mencapai 324 kasus dimana sebanyak 209 orang dijerat pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik, 76 orang dijerat pasal 28 ayat 3 tentang ujaran kebencian, serta 172 kasus dilaporkan berasal dari unggahan di media sosial.