Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lintas NTT  
Topik : 

Meriahkan Karnaval HUT RI di Mbay, Pelajar Smacle Boawae Arak Bendera 78 Meter

Reporter : Sevrin Editor: Redaksi
1692421005516
Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dan Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja saat menyambut parade bendera 78 Meter dalam karnaval HUT ke 78 RI di lapangan Berdikari Mbay, Photo dok: Flobamoranews
IMG-20230819-WA0056

Nagekeo, Flobamora-news.comBendera merah putih dengan panjang 78 meter, menjadi pusat perhatian masyarakat dalam gelar pawai karnaval tingkat Kabupaten Nagekeo, NTT dalam rangka HUT ke-78 RI yang digelar di Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo, Jumat 18 Agustus 2023 kemarin.

Bendera yang diarak oleh 104 orang pelajar SMU Swasta St Clemens Boawae sepanjang jalan mulai dari titik start di Lapangan Pancasila Lape sampai ke titik kumpul di Lapangan Berdikari, Mbay. Rombongan bergerak dari lapangan Lape sejak pukul 15:00 dan sampai di Lapangan Berdikari Mbay sekitar pukul 18:00.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMU Swasta St Clemens Boawae atau yang lebih dikenal dengan sebutan Smacle Boawae, Ardus Paso bendera merah putih dengan panjang 78 meter dan lebar 2 meter itu merupakan karya Florce Nurak salah satu pensiun pegawai tata usaha. Florce hanya butuh waktu 3 hari menyelesaikan desain bendera tersebut.

Baca Juga :  Meneropong Lebih Dekat Model Pengukuran Kemiskinan, Permasalahan, dan Alternatif Kebijakan

“Setelah parade karnaval tahun lalu, kami kemudian berencana untuk mendesain bendera untuk diikutsertakan dalam parade karnaval tahun ini yang ukurannya sesuai dengan usia kemerdekaan Indonesia yaitu 78 tahun” jelas Ardus.

IMG 20230819 WA0056
104 Pelaja Smacle Boawae mengarak bendera merah-putih 78 meter melintasi jalan Soekarno-Hatta, Mbay

Ardus menyampaikan bahwa pesan tersirat ingin disampaikan SMU Swasta St Clemens dibalik desain bendera sepanjang 78 meter itu ialah mengingatkan kembali seluruh masyarakat Nagekeo agar kita tidak melupakan sejarah.

“Parade bendera merah putih ini kami laksanakan karena bukti kecintaan kami terhadap NKRI dan mengingatkan kepada seluruh warga NKRI tuk tidak melupakan sejarah” katanya.

Baca Juga :  Jasa Raharja Santuni Dua Korban Meninggal dan Jamin 16 Korban Kecelakaan Bus di Sulamu

Dikatakannya, momentum peringatan kemerdekaan ini, SMU Swasta St Clemens Boawae membawa pesan kepada warga untuk tetap menjaga kedaulatan NKRI dan semangat nasionalisme yang terlihat dalam parade bendera ini serta dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Kita mau mengingatkan kembali bahwa di tahun 2023 ini usia kemerdekaan kita sudah 78 tahun, bendera ini membawa pesan perjuangan mengisi kemerdekaan. Sebagai warga NKRI, kita tetap kobarkan semangat juang kita untuk mengisi kemerdekaan” katanya.

Untuk diketahui, keikutsertaan Smacle Boawae dalam memeriahkan semarak karnaval tahun ini melibatkan 200 orang siswa. Selain parade Bendera, mereka juga mendesain miniatur kapal dan marching band. (***)