Beranda Ekonomi Bisnis Ketika Sopi Diubah Jadi Anggur..?

Ketika Sopi Diubah Jadi Anggur..?

464
0

BORONG, Flobamora-news.com – Sopi merupakan salah satu jenis minuman tradisional beralkohol, asal Nusa Tenggara Timur, yang merupakan hasil fermentasi nira atau gula cair dari beberapa jenis palma termasuk lontar, gewang, enau dan kelapa.yang tersedia hampir seluruh wilayah NTT.

Edi Jonan pria asal kampung Kobok Waerana yang saat ini tinggal kampung Pong Kling, Waerana Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba mampu merubah Sopi menjadi minuman nikmat saat dinikmati.

In vino veritas “dalam anggur ada kebenaran” begitulah kata inspirasi yang dipahami para pencari kebijaksanaan kuno, dan diwariskan kepada penikmat sopi “bukan sopi biasa” karya Edi Johan asal kampung Kobok Waerana.

Sabtu, (20/7/2019) ketika awan bergelayut di langit yang menandakan cerahnya cuaca di Kota Borong Kabupaten Manggarai Timur, Para Jurnalis Manggarai Timur mengunjungi rumah kediaman Edi Johan sang peracik.

Senyuman ramah Emerensiana istri sang peracik menyambut kedatangan para jurnalis di rumahnya yang sederhana itu. Sopi rendaman gingsen yang sudah disiapkan di atas meja, menjadi pelepas dahaga untuk siapa saja yang datang ke rumahnya. Sementara sang suami tengah sibuk menyuling arak di sebuah gubuk samping rumahnya.

Sang Peracik Sopi Terpercaya

Edi Johan alias Kending nama yang tidak asing didengar oleh para penikmat sopi di Manggarai Timur. Putra kelahiran Kobok itu terkenal sebagai peracik minuman sopi dan Bakar Menyala (BM) tradisional; usaha yang ditekuninya sejak tahun 2015 silam.

Sebelum menjadi peracik sopi, Edi Johan berprofesi sebagai tukang serfis radiator mobil dan lampu gas. Dia berjalan dari kampung ke kampung mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangganya.

“Sebelum menjadi peracik sopi, pekerjaan saya adalah tukang serfis lampu gas dan radiator mobil.” Tandasnya singkat sambil sesekali menyeka keringat yang bercucuran dari raut wajahnya.

Pinang Raci, Sopi Buatan Terbaru Rasa Anggur Ketan

Kali ini, Ada yang baru dari hasil karyanya. Olahan berbahan dasar sopi, berwarna merah muda rasa anggur manis. Pinang raci, nama yang disebutnya ketika diwawancarai media Ranakanews.com, pada hari Sabtu (20/7/2019).

“Ini namanya pinang raci. Olahan saya yang terbaru dan berbahan dasar sopi. Rasanya sama persis dengan anggur manis” Tandas Ayah lima anak itu

Sopi olahan Edi terjual dengan harga yang murah meriah. Tak heran jika pelanggan yang datang tiap harinya itu bertambah banyak. Untuk Bakar Menyala (Kobok) bisa dijangkau dengan harga 60 ribu/botol, sopi biasa dan pinang raci terjual dengan harga 25 ribu/botol.

 

Edi memiliki cita-cita agar kelak ke empat anaknya bisa sukses. Hal itu dikatakannya sambil meneteskan air mata.

“Uang hasil penjualan selain dipakai untuk keperluan sehari-hari, juga untuk membiayai ke empat anak saya yang masih sekolah. Saya memiliki lima orang anak. Yang sulung sudah berkeluarga, dua dibawahnya di bangku kulia dan dua adiknya masih SMP”. Terang Edi

Usaha yang ditekuninya sudah berjalan Lima tahun dan telah mendapat izin dari dinas terkait Kabupaten Manggarai Timur. Dengan kualitas rasa tingkat dewa, bagi anda penikmat sopi jangan lewatkan rumah dengan tulisan spanduk “Aset Matim, Sopi Kobok” atau langsung menghubungi No Handphone 081246043517. Rasa dan kualitas terjamin !

 


Reporter: MD Ranaka News


Komentar