Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ketika Sopi Diubah Jadi Anggur..?

Avatar photo
IMG 20190722 WA0023

BORONG, Flobamora-news.com – Sopi merupakan salah satu jenis minuman tradisional beralkohol, asal Nusa Tenggara Timur, yang merupakan hasil fermentasi nira atau gula cair dari beberapa jenis palma termasuk lontar, gewang, enau dan kelapa.yang tersedia hampir seluruh wilayah NTT.

Edi Jonan pria asal kampung Kobok Waerana yang saat ini tinggal kampung Pong Kling, Waerana Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba mampu merubah Sopi menjadi minuman nikmat saat dinikmati.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

In vino veritas “dalam anggur ada kebenaran” begitulah kata inspirasi yang dipahami para pencari kebijaksanaan kuno, dan diwariskan kepada penikmat sopi “bukan sopi biasa” karya Edi Johan asal kampung Kobok Waerana.

Baca Juga :  Gelar Uji Coba Penyelenggaraan MPP, Ini Pesan George Hadjoh

Sabtu, (20/7/2019) ketika awan bergelayut di langit yang menandakan cerahnya cuaca di Kota Borong Kabupaten Manggarai Timur, Para Jurnalis Manggarai Timur mengunjungi rumah kediaman Edi Johan sang peracik.

Senyuman ramah Emerensiana istri sang peracik menyambut kedatangan para jurnalis di rumahnya yang sederhana itu. Sopi rendaman gingsen yang sudah disiapkan di atas meja, menjadi pelepas dahaga untuk siapa saja yang datang ke rumahnya. Sementara sang suami tengah sibuk menyuling arak di sebuah gubuk samping rumahnya.

Sang Peracik Sopi Terpercaya

Baca Juga :  Polres Tabes Medan Qurban 27 Sapi dan 10 Kambing

Edi Johan alias Kending nama yang tidak asing didengar oleh para penikmat sopi di Manggarai Timur. Putra kelahiran Kobok itu terkenal sebagai peracik minuman sopi dan Bakar Menyala (BM) tradisional; usaha yang ditekuninya sejak tahun 2015 silam.