Beranda Pendidikan Semy Ndolu: SMK Negeri 4 Siapkan Siswa Bersaing di Dunia Kerja

Semy Ndolu: SMK Negeri 4 Siapkan Siswa Bersaing di Dunia Kerja

245
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Untuk meningkatkan mutu dan daya saing siswa di dunia kerja maka dipandang perlu diadakannya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau biasa disebut Masa Pengenalan Linkungan Sekolah (MPLS-red) dan Masa Orientasi Lingkungan Sekolah. Hal ini disampaikan oleh Semy Ndolu Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019)

Menurut Semy, Kegiatan saat ini adalah melaksanakan upacara pembukaan Massa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Ada 268 siswa baru dengan Sembilan Ruangan Belajar yang mengikuti kegiatan ini. Kita harapkan lewat kegiatan ini bukan saja merupkan budaya penerimaan siswa baru setiap tahun tetapi melalui kegiatan ini mereka lebih mengenal lingkungan di sekolah dan pilihan Jurusan yang sudah mereka pilih sesuai minat dan bakat siswa. Karena disana mereka akan dididik tentang jurusan yang mereka pilih, proyeksi mereka kedepan mau buat apa, dan jurusan yang mereka pilih untuk apa.

“Selain itu juga pengenalan guru yang akan mengajar, tata tertib sekolah, jam belajar sanpai jam berapa dan sikap mereka di sekolah ini diatur seperti apa, lalu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh itu yang mereka pelajari termasuk disiplin. Kita menggandeng kurang lebih ada 14 orang nara sumber yang akan memberikan materi pembekalan kepada siswa baru. “, ujar Semy

SMK Negeri 4 memiliki 5 jurusan yaitu:?
– Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini siswa belajar kompetensi sablon, vidio grafi,foto grafi (desaian grafis).
-Teknik Komputer Jaringan: siswa belajar bagaimana merakit komputer, instalasi sofwer, memperbaiki kerusakan komputer, mendeteksi jaringan komputer (jaringan wan dan lan),
– Kriya Kreatif Kayu dan Rotan siswa belajar ukir, bubut, skrol, kerja bangku, mesin, vinising. Produknya berupa kursi meja lemari.
– Jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil adalah satu-zatunya jurusan yang memiliki kompetensi tenun untuk tingkat SMK di Kota Kupang.jurusan ini cukup diminati juga karena ada tenun, jahit, ada batik dan lain-lain. Siswa belajar caral menyiapkan bahan bakunya sampai menjadi produk yang siap pakai.

Untuk sarana dan prasarana sedang kita lakukan pembenahan. Tahun ini kita lakukan rehabilitasi cukup besar terhadap ruang praktek dan ruang kelas teori. Kita juga sedang membangun gedung praktek yang baru dan peralatan-peralatannya. Untuk semua jurusan ada bengkel dan lab kerjanya praktek siswa.

“Ruanng belajar kita ada 24 ruangan, ini saja masih kurang seharusnya kita butuh 26 ruang belajar. Untum Ruang lap sudah cukup. TKJ dan DKV ada 2 ruang Lap, kriya kayu 1 lap, Desain Unterior 1 Lap dan Kriya Tekstil 1 lap. Untuk bengkel masing-masing jurusan 1 bengkel”, jelas Semy

“Kami berterimakasih kepada Pemerintah Propinsi atas perhatian yang sreius terhadap mutu pendidikan dalam hal pemenuhan sarana prasarana. Mungkin kita harapkan perlu adanya penambahan tenaga pengajar yang berstatus PNS ataupun kontrak daerah. Dengan adanya penambahan jumlah siswa, tentu berdampak pada kebutuhan tenaga pengajar. Tahun kita sudah bersurat kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi mulai tahun pelajaran ini kita pola pembelajaran 5 hari kerja.
Ini sudah ada kesepakatan dengan orang tua siswa pada tanggal 10 Januari 2019 dan semua teman-teman guru sangat mendukung”, tegasnya.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar