Beranda Hukum & Kriminal Zakarias Tahu: Desa Harus Wujudkan Transparansi Penggunaan Dana Desa

Zakarias Tahu: Desa Harus Wujudkan Transparansi Penggunaan Dana Desa

246
0

MALAKA, Flobamora-News,.com-Berdasarkan – Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan bahwa, masyarakat desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan Pembangunan Desa. Selain itu, masyarakat desa juga berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembangunan desa. Oleh karena itu, Pemerintah Desa wajib menginformasikan perencanaan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa kepada masyarakat Desa melalui layanan informasi kepada umum dan melaporkannya dalam Musyawarah Desa paling sedikit 1 (satu) tahun sekali.

Hal itu dipaparkan penjabat Desa Niti, Zakarias Tahu di ruang kerjanya Kantor Camat Rinhat, di Biudukfoho, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur,

Kepada awak media Flobamora-News.com Kamis, 10/10/2019 menyatakan, Menindaklanjuti UU nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, maka Penjabat Desa Niti ZAKARIAS TAHU mengaku hahwa, Anggaran Dana Desa tersebut sudah menjadi kewajiban setiap pengguna anggaran dana Desa untuk dipublikasikan.

“Pentingnya publikasi penggunaan anggaran dana desa tersebut untuk kemudian memberikan informasi penting terhadap masyarakat kita. Papar Zaka Tahu.

“kan uang itu milik masyarakat ngapain kita ditutup-tutup, biarkan masyarakat kita juga ikut mengontrol pembangunan desa kita. Sambung Zaka Tahu yang juga Sekcam Kecamatan Rinhat itu.

Pemuda Desa Niti Melkianus Taniu, mengaku, di desa Niti baru pertama kali, penggunaan anggaran dana desa dipublikasikan.
“Kami di desa Niti ini baru pertama kali yaitu penjabat desa Niti Zaka Tahu, yang baru menjabat di desa ini yang mau mempublikasikan penggunaan dana desa dalam bentuk Baliho di beberapa dusun di desa Niti ini, jadi kami ucapkan profisiat, karena kepala-kepala desa sebelumnya kan tidak pernah”.Pungkas Melki.

Sambungnya, ini menurut pengakuan masyarakat sangat puas dengan informasi ini sehingga tidak curiga terhadap pembangunan didesa.

“Bentuk transparansi dari pemerintah Desa ini, menurut saya mempermudah kita juga sebagai pemuda ikut mengawasi pembangunan di desa kita” Tutup Melki.

 


Reporter: Herry Metak


Komentar