Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ganef Wurgiyanto: Tahun Ini NTT Ekspor 25 Ton Rumput Laut ke Argentina

Avatar photo
20190530 002627

KUPANG, Flobamora-news.com –Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui PT Rote Karaginan Nusantara mengekspor rumput laut dalam bentuk chip sebanyak 25 ton dari Pelabuhan Tenau Kupang ke Argentina, Selasa (28/5/2019).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Ganef Wurgiyanto mengatakan pemerintah provinsi mulai tahun ini akan mengekspor hasil rumput laut langsung ke Argentina dari Pelabuhan Tenau Kupang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Pemprov Nusa Tenggara Timur sudah bekerja sama dengan PT Rote Karaginan Nusantara dan PT Flobamor untuk ekspor langsung rumput laut dari Pelabuhan Tenau mulai tahun ini,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Malaka Tanggapi Laporan Walhi

Menurutnya, ekspor langsung ini membuat pemasaran hasil rumput laut dari provinsi berbasiskan kepulauan ini lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan nilai jualnya.

Selama ini, lanjutnya, rantai pemasaran produk kelautan dan perikanan dari daerah ini untuk tujuan ekspor pada umumnya melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan biaya yang relatif lebih tinggi.

“Sedangkan ekspor langsung ini nanti kapal kontainer mampir sebentar di Surabaya dan langsung ke negara tujuan,” ujarnya.

Baca Juga :  Perkuat Perlindungan Konsumen, OJK Larang Pemasaran Efek Offshore Product

Ia menjelaskan, rumput laut yang diekspor akan dipasok dari produksi masyarakat yang diusahakan secara menyebar di Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Rote Ndao.

Hasil rumput laut ini, lanjutnya, akan dikumpulkan oleh PT Flobamor dan disalurkan ke PT Rote Karaginan Nusantara (RKN), sebelum di ekspor.

Selanjutnya, PT RKN yang berhubungan dengan perusahaan kontainer untuk mengangkut rumput laut dari Pelabuhan Tenau ke negara tujuan yaitu Argentina.