Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

ESWL Alat Penghancur Batu Ginjal Tanpa Tindakan Operasi Hadir di RS Siloam Kupang

Avatar photo
IMG 20191205 WA0023

KUPANG, Flobamora-news.com –BATU ginjal merupakan batu hasil kristalisasi mineral-mineral di urine yang terbentuk dalam rongga ginjal. Batu ginjal yang tidak ditangani akan terus membesar hingga menyebabkan ginjal rusak permanen. Karena itu, begitu batu ginjal terdeteksi, sebaiknya segera lakukan penanganan. Penderita batu ginjal di NTT terbilang cukup tinggi  untuk itu Rumah Sakit Siloam menghadir alat penghancur batu ginjal tanpa operasi yang disebut Extracorpireal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Kegiatan Media Gathering bersama wartawan sekaligus sosialisasi tentang Penanganan Batu Ginjal Tanpa Pembedahan menggunakan alat ESWL, diselenggarakan di Aula Serba Guna Rumah Sakit Siloam Fatululi, Kecamatan Oebobo – Kota Kupang [Rabu, 4/12/2019].

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hadir pada kegiatan tersebut, CEO Rumah Sakit Siloam Kupang dr. Hans, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retno, M. Kes, Ketua Komisi 5 DPRD Provinsi Kristin Sami Paty, perwakilan dari Rumah Sakit di Kota Kupang, dr. Erick S. Hutauruk, Sp. U sebagai pembicara dan Pemimpin Media.

Baca Juga :  George Hadjoh:;DLHK Segera Tempatkan Petugas di Pasar

Terapi menghancurkan batu ginjal tanpa operasi yang membuat pasien lebih nyaman saat menjalaninya, disebut Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). ESWL menggunakan energi dari gelombang suara kejut yang difokuskan untuk menghancurkan batu ginjal menjadi serpihan-serpihan kecil hingga nantinya bisa keluar terbawa air kencing.

IMG 20191205 WA0024

Menurut CEO RS Siloam , yang juga menjadikan tema gathering spesial karena alat yang dipakai RS Siloam Kupang [ESWL] untuk penanganan batu ginjal tersebut adalah alat yang memang terdepan di golongannya. “Ini ferarinya” ESWL, karena mereknya sudah terdepan di dunia, Richard Wolf tipe 3000, hanya satu tingkat dari yang paling tinggi yaitu 3000 plus.

Baca Juga :  Dapat Kado Natal, Guru SMP Stela Minta Terima Kasih

Lebih lanjut dr. Hans membeberkan bahwa yang lebih spesial di tahun 2019 ini, Rumah Sakit Siloam [Siloam Group] memulai layanan ESWL di dua Rumah Sakit yakni RS. Lippo Village-Karawaci dan RS.Siloam Kupang. Keduanya memiliki ESWL yang sama.