Beranda Kesehatan & Pola Hidup Peringati Hari Idhul Adha 1440-H Lintas Agama di Sukabumi adakan GPS

Peringati Hari Idhul Adha 1440-H Lintas Agama di Sukabumi adakan GPS

213
0

SUKABUMI, Flobamora-news.com -.Pemuda – pemudi Ansor Sukabumi mengadakan kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) dengan melibatkan 16 komunitas lintas agama untuk mengawal Idhul Adha yang ke-1440 Hijryah, Sukabumi, Jumat (11/8/2019).

Ketua GP Ansor, Sudar Fauzi menyampaikan, “ini kegiatan pertama di Sukabumi dan saya juga baru melakukan kegiatan ini dengan teman-teman dan sahabat semua. Sebenarnya kegiatannya mepet sih, tapi syukur kita bisa laksanakan dengan baik. Adapun jenis kegiatannya yaitu bersih- bersih lapangan merdeka sukabumi Gerakan Pungut sampah (GPS) , setelah umat muslim melakukan sholat Idhul Adha,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan karena disini tadi sampah- sampah berserakan dan koran-koran berserakan. Walaupun ada pihak kebersihan, tapi kami berinisiatif melakukan kegiatan bersama lintas iman. Ini merupakan bentuk solidaritas, bentuk toleransi dan bentuk keberagaman kita di kota Sukabumi.

“Saya bangga melihat kehadiran dari teman-teman komunitas yang terdiri dari komunitas GP Ansor Kota Sukabumi yang menginisiasi kegiatan ini kebetulan saya selaku ketua GP Ansor Sukabumi menginisiasikan dengan teman-teman sekomunitas. komunitas- komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu Komunitas Kopera, BKGS, Pemda Inti,Pemuda Tionghoa, Pemuda Katolik Sukabumi, Pemuda Widi Sakti, GKI, GKI Penginjil, dan GKI lain yang tidak tercatat, tapi mereka hadir tadi, GHI Sukabumi, IPNU, PPU, Forum Pemuda Lintas Iman, SMAK Penabur, SMA Wardiwarna dan teman-teman Palang Merah Indinesia.

Saya sebagai ketua Ansor dan mewakili teman-teman dari Ansor mengaharapkan kepada komunitas lain, kami ingin terus menjaga silahturahim ditengah- tengah masyarakat di Kota Sukabumi ini, karena memang sudah jelas kita berbeda dari segi agama, tapi sebagai bangsa kita ya sama bangsa indonesia, ini satu bangsa, satu bahasa adalah bahasa indonesia. Kami ingin silahturahim ini terus terjaga sampai kapanpun dengan teman-teman yang berbeda iman kita tetap sama.

Untuk Kota Sukabumi kami ingin ikut serta membangun kota ini atas nama komunitas pemuda-pemudi lintas iman, tetapi nanti kita bakal bertemu lagi, kita bakal bicara lebih lanjut, kira-kira apanih yang kita bisa sumbangsikan untuk pembangunan kota ini, sehingga kota ini juga ikut maju dan toleransi di kota ini juga terus terjaga,“ kata Sudar.

Ia menambahkan, kegiatan hari ini sungguh luar biasa dengan melihat kehadiran dari teman-teman komunitas yang lain. Padahal kegiatan ini sangat mepet sekali baru direncanakan dari hari Jumat, bahkan baru ada yang kami kasih surat undanganya baru tadi pagi jam 5 subuh dan ternyata mereka hadir kesini ini responnya sangat positif dan sangat baik dan kedepannya kita sudah sepakat bikin kegiatan lagi ini waktu dekat kita mengisi momentum hari kemerdekaan, tetapi kegiatan memang belum tau tapi mungkin kita kopdar dulu lintas iman gitu antara ansor dengan teman-teman yang lain.

“Jadi kita sebagai organisasi kepemudaan ingin mengajarkan kesetiap kader dan kesetiap teman-teman pemuda katolik untuk bersosialisasi dengan teman-teman organisasi lainnya termasuk GP Ansor. Pada kesempatan ini kita berpartisipasi menggalang kebersihan, membantu untuk keamanan dalam kegiatan sholat idhul adha di masjid kota sukabumi ini, kita ingin mengajarkan toleransi, lalu kerukunan umat- umat beragama kepada teman-teman pemuda katolik sukabumi,”ujar Felik.

” Sebagai pemuda katolik kita harus selalu bersilahturahmi dengan teman-teman organisasi kepemudaan dan organisasi keagamaan yang ada di kota sukabumi, apalagi kalau kegiatannya positif  juga bisa mengembangkan organisasi kita. Kita bisa bekerja sama untuk membangun kota suka bumi lebih toleransi, lebih rukun ya itu kita akan lakukan,”harap ketua pemuda katolik itu.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar