Beranda Kota Kupang Terminal Bayangan Oesapa Harus Dihentikan

Terminal Bayangan Oesapa Harus Dihentikan

541
0

KUPANG, Flobora-news.com,— Terminal merupakan salah satu tempat persinggahan angkutan umum sekaligus menjadi sarana yang dapat digunakan oleh setiap calon penumpang dalam memenuhi kebutuhan transportasi menuju tempat tujuan.

Sebab itu, sebuah terminal harus dilengkapi sarana pendukung seperti tempat istirahat yang nyaman dan jauh dari kondisi yang kumuh dan kotor.

Hal tersebut tidak nampak pada salah satu terminal yang ada di Kota Kupang, contohnya Terminal Oebobo, yang saat ini dikelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Provinsi NTT. Terminal tersebut, selain sepi dari aktivitas bongkar muat penumpang dan lebih memprihatinkan lagi terlihat pada beberapa ruangan sangat kotor dan jorok, terkesan kurang diperhatikan.

Akibat dari pada itu, beberapa ruangan di terminal menjadi tempat buang kotoran manusia oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Hal tersebut sudah berjalan lama dan menurut sumber yang dapat dipercaya, bahwa sesungguhnya hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya pengawasan oleh petugas terminal.

Keluhan pengguna jasa angkutan, bahwa mereka sangat sulit untuk mendapatkan angkutan bis di Terminal Oebobo karena sebagian besar bus angkutan antar kota, mengangkut penumpang maupun barang di Terminal Bayangan Oesapa dan Bimoku Lasiana.

Hal tersebut dibenarkan Kepala UPT Dinas Perhubungan NTT, Gusti Siga Sare.

Menurut Gusti, dengan kurangnya bus yang masuk di Terminal Oebobo, sangat berpengaruh pada aktifitas dalam terminal itu sendiri. Karena itu, kepada pemilik angkutan bus antar kota dihimbau untuk kembali masuk Terminal Oebobo guna mengangkut penumpang dan barang.

Terkait adanya terminal bayangan di Oesapa yang beroperasi hingga saat ini, Kadis Perhubungan NTT, Isak Nuka mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penertiban.

Pihaknya akan memanggil pengusaha angkutan bis antar kota, untuk memberi himbauan agar tidak boleh pengangkut penumpang dan barang di Terminal Bayangan Oesapa dan harus kembali masuk ke Terminal Oebobo.

Apabila tidak mentaati himbauan yang diberikan, kata Isak Nuka, pihaknya akan menindak secara tegas dengan mencabut ijin usaha. (SFHI)

KOMENTAR ANDA?

Komentar