Beranda Kota Kupang Pemkot Kupang Adakan Bimtek Jaringan Dokumentasi dan informasi Hukum

Pemkot Kupang Adakan Bimtek Jaringan Dokumentasi dan informasi Hukum

28
0

KUPANG, Flobamora-news.com –
Dokumentasi dan perpustakaan hukum yang baik merupakan syarat mutlak untuk melakukan pembinaan hukum di Indonesia. Hal ini menjadi pemikiran mengenai pentingnya keberadaan suatu Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum ( JDIH ), merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumentasi hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan dokumentasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat.

Kegiatan Bimtek ini berlangsung selama Tiga hari di hotel On The Rock Kupang (16/10/ 2019)

Kegiatan ini di hadiri oleh Pejabat Sekda Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata M.Si, Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Drs. Yasmon, M.Si, Kepala Sub Bidang Penguatan dan Pemberdayaan Jaringan Reinal Saputra, S.H, M.H, Pranata Komputer Muda Idham Adriansyah, S.Kom, Pimpinan perangkat Daerah Lingkup Pemerintahan Kota Kupang serta para peserta Bimtek.

Dalam sambutannya sekaligus secara resmi membuka kegiatan Bimtek ini, Setda Kota Kupang Elvianus mengatakan, keberadaan JDIH ini berdasarkan Perpres No. 33 tahun 2012 tentang JDIH Nasional yang diikuti terbitnya Permendagri No. 2 tahun 2014 tentang pengelolan JDIH Kemendagri dan Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada ASN Lingkup Pemerintah Kota Kupang betapa pentingnya jaringan dokumentasi dan informasi hukum, terkait dengan kebutuhan akan informasi hukum baik undang-undang maupun produk hukum lainnya, tambahnya.

Untuk itu pemerintah memiliki tugas dan fungsi dalam melakukan pembinaan dan pengembangan sistem JDIH guna memberikan kemudahan akses dalam mendukung visi dan misi Kota Kupang serta gerakan menuju Kupang Smart City.

Harapannya, agar setiap instansi dapat menyiapkan anggaran melalui APBD murni tahun 2020 untuk penyediaan software dan hardwarenya serta didukung dengan ketersedian jaringan yang terkoneksi secara online sehingga pelayanan di bidang hukum kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.


Reporter: Sisca


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here